Jenis-Jenis Persamaan Linear

Jenis-Jenis Persamaan Linear
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Persamaan linear dibagi menjadi beberapa jenis. Dimana ada tiga jenis persamaan linear, mulai dari persamaan linear satu variabel, persamaan linear dua variabel dan persamaan linear tiga variabel. Namun  jika ditulis dalam matematik, persamaan linier secara umum adalah y = mx + b.

Bacaan Lainnya

Setiap jenis persamaan linear memiliki pengertian dan cara penyelesaian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk bisa memahami apa itu persamaan linear, kita perlu tahu juga jenis-jenis persamaan linear.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis persamaan linear selengkapnya.

Persamaan Linear Satu Variabel

Persamaan linear satu variabel adalah salah satu jenis persamaan linear. Seperti dengan namanya, persamaan linear satu variabel tersebut akan memiliki satu variabel dengan pangkat 1 dalam bentuk kalimat terbuka dan dapat dihubungkan dengan tanda =.

Kalimat terbuka dalam persamaan linear satu variabel disini bisa diartikan sebagai kalimat yang belum diketahui kebenarannya atau bisa jadi dalam posisi benar maupun dalam kondisi salah. Secara umum bentuk persamaan linear satu variabel jika dituliskan secara matematik adalah seperti berikut ini.

ax + b = 0

Keterangan:

a = koefisien

b = konstanta

x = variable

Sebagai catatan,  jika a dan b adalah bilangan riil. Lalu a dan b bukanlah angka nol. Perlu diketahui juga jika variabel tidak akan selalu menggunakan lambang x, bisa jadi akan menggunakan lambing huruf lain seperti y maupun lainnya.

Persamaan Linear Dua Variabel

Selanjutnya, ada persamaan linear dua variabel yang juga menjadi salah satu jenis persamaan linear. Persamaan linear dua variabel ini adalah sistem persamaan yang memiliki variabel berjumlah dua dengan pangkat 1. Persamaan linear dua variabel tersebut akan menggunakan relasi = dan tidak akan menggunakan perAnda variabel pada setiap persamaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, jenis persamaan linear dua variabel ini kerap digunakan untuk menyelesaikan masalah sederhana lho, khususnya dalam kegiatan jual beli. Biasanya persamaan persamaan linear dua variabel tersebut akan digunakan untuk mencari keuntungan.

Secara matematis, persamaan linear dua variabel bisa dituliskan seperti yang ada di bawah ini:

ax + by = c

Dalam proses penyelesaiannya, persamaan linear dua variabel dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode substitusi dan metode eliminasi. Metode substitusi dapat digunakan dengan cara mengubah satu variabel dengan variabel persamaan lain. Lalu untuk metode eliminasi sendiri adalah cara menghapus salah satu variabel dalam persamaan.

Persamaan Linear Tiga Variabel

Lalu masih ada persamaan persamaan linear tiga variabel yang juga merupakan jenis persamaan linear. Secara mudahnya persamaan linear tiga variabel ini adalah bentuk perluasan dari persamaan linier dua variabel.

Dimana untuk menyelesaikan persamaan linear tiga variabel ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan metode subtitusi dan metode eliminasi. Sistem persamaan linear tiga variabel ini akan menentukan titik potong.

Pemanfaatan persamaan linear tiga variabel ini akan begitu berguna ketika digunakan dalam mendirikan bangunan agar lebih presisi. Secara umum penulisan persamaan linear tiga variabel adalah sebagai berikut.

ax + by + cy = d

Persamaan linear masuk ke dalam materi aljabar. Selain persamaan linear, dalam aljabar juga ada materi lain yang begitu penting. Mulai dari vector, matriks, persamaan linear, transformasi linear seperti yang dipaparkan dalam buku Aljabar Linear Edisi Kedua.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis persamaan linear. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait