Unsur-Unsur Persamaan Linear

Unsur-Unsur Persamaan Linear
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Dalam proses penyelesaiannya, persamaan linear akan menggunakan rumus-rumus tertentu. Dalam rumus persamaan linear tersebut akan memiliki beberapa unsur penting. Pada penjelasan sebelumnya beberapa unsur dalam penyelesaian persamaan linear sudah dijelaskan secara singkat.

Bacaan Lainnya

Namun, untuk bisa lebih memahami apa saja unsur-unsur dalam penyelesaian persamaan linear, maka penjelasan mengenai unsur-unsur persamaan linear di bawah ini bisa membantu.

Variable

Variabel dalam persamaan linear bisa diartikan sebagai penambah atau pengganti suatu bilangan yang pada dasarnya belum diketahui besaran nilai secara jelas. Variable sendiri kebanyak akan disimbolkan menggunakan huruf, misalnya seperti a, b, c, …, x, y, z.

Sebagai contohnya adalah pada suatu bilangan yang dikalikan dengan 2 dan dikurangi lagi dengan 9 akan menghasilkan 3. Soal tersebut dapat dituliskan dalam bentuk persamaan 2x – 9 = 3. Huruf x tersebut adalah variabel pada persamaan.

Koefisien

Koefisien adalah suatu bilangan yang dapat menjelaskan banyaknya jumlah variabel sejenis. Keberadaan koefisien sendiri akan berada di depan variable. Sebagai contohnya adalah pada soal 2 pensil dan 4 spidol dapat dituliskan dalam persamaan seperti:

Pensil = x , spidol = y.

Nantinya akan berubah menjadi persamaan 2x+5y. Dimana x dan y adalah variabel dan angka 2 dan 5 merupakan koefisien.

Konstanta

Ada juga unsur konstanta dalam persamaan linear. Dimana konstanta adalah suatu nilai yang konstan yang tidak diikuti oleh variable pada bagian belakang. Sebagai contohnya adalah pada soal persamaan 2x + 5y + 7. Angka 7 pada soal persamaan tersebut adalah bentuk konstanta. Hal ini tak lain karena tidak ada variable apapun di bagian belakang angka 7.

Suku

Suku adalah bagian dari bentuk persamaan. Suku akan terdiri beberapa unsur penting persamaan linear, mulai dari koefisien, variable dan juga konstanta. Sebagai contohnya pada soal persamaan 7x-y+4. Suku dari soal persamaan tersebut adalah 6x, -y, 4.

Pembelajaran materi persamaan linier atau aljabar akan tetap dipelajari hingga jenjang pendidikan perguruan tinggi. Dalam aljabar terdapat materi-materi penting yang akan diajarkan kepada mahasiswa. Tentunya, ringkasan materi aljabar linear seperti dalam buku Matlab untuk Aljabar Linier dan Matriks bisa membantu para mahasiswa untuk lebih memahami aljabar.

Itulah penjelasan mengenai unsur-unsur persamaan linear. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait