KPU Sumbar Gelar Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD

KPU Sumbar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat menggelar Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jumat (20/1/2023), di Padang. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Ajukan dua opsi pergeseran daerah pemilihan pada pemilu serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat (KPU Sumbar) menggelar Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jumat (20/1/2023), di Padang.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar, Gebril Daulai menyampaikan, Uji Publik KPU Sumbar tersebut  sebagai tindak lanjut terhadap keputusan MK no 80 tahun 2022 dan surat dinas KPU 51 tahun 2023.

Bacaan Lainnya

“Yang meminta KPU Provinsi untuk menata dapil dan alokasi kursi DPRD Provinsi, kemudian diusulkan ke KPU Pusat,” ujarnya.

Gebril Daulai Mengungkapkan bahwa di Sumbar tidak ada situasi perubahan yang siknifikan, dari sisi jumlah kursi, secara total jumlahnya masih sama dengan 2019 lalu, yaitu 65 kursi, karena penduduk Sumbar  masih di angka 5,6 juta.

“Sementara berdasarkan Undang-Undang  Penduduk, yang jumlah penduduknya antara 5 juta sampai 7 juta itu jumlah kursinya 65,” tuturnya.

Gebril Daulai menjelaskan, dari rancangan pertama, penataan dapil dan alokasi kursi itu untuk delapan dapil yang sudah eksisting sebelumnya, kemudian rancangan kedua mencoba memekarkan dapil 6.

“Seperti Tanah Datar, Padang Panjang, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, dengan memisahkan Tanah Datar bergabung dengan Padang Panjang dengan alokasi kursi 5, sementara Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto dengan alokasi 6 kursi,” terang Gebril Dulai.

Jadi, ia mejelaskan, akan ada sembilan daerah pemilihan, kita melakukan Uji Publik dengan meminta saran dan masukan dari berbagai pihak.

“Ini akan segera kita lanjutkan ke KPU Pusat untuk dapat segera putuskan,” sebutnya. (021)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait