Lima Tips Memasak Sayuran supaya Gizinya Tidak Hilang

Tips Memasak Sayuran
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Mengonsumsi sayuran dapat membantu kesehatan tubuh. Namun, masih banyak orang yang tidak terlalu menyukai sayuran dikarenakan rasanya yang hambar.

Bacaan Lainnya

Padahal ada banyak cara untuk memasak sayuran agar bisa sesuai dengan cita rasa yang kita sukai dan dengan tanpa mengurangi nilai gizi dalam sayuran.

Berikut ini merupakan tips memasak sayuran agar rasanya tetap enak dan gizinya tidak hilang.

  1. Cuci sayuran dengan air mengalir

Mencuci sayuran yang akan digunakan merupakan suatu kewajiban sebelum mengolahnya menjadi suatu hidangan. Anda harus membiasakan mencuci sayuran dengan air mengalir untuk menghilangkan bakteri dan sisa pestisida yang menempel.

  1. Potong sayuran dalam ukuran besar

Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak zat gizi yang akan hilang saat proses masak. Pastikan Anda memotong sayuran dalam bentuk yang cukup besar. Jika sayuran tersebut berukuran kecil, Anda pun bisa memasaknya dalam kondisi utuh. Jika Anda tidak suka potongan sayuran yang terlalu besar, Anda bisa memotongnya jadi lebih kecil setelah selesai memasaknya.

  1. Pilih metode memasak dengan benar

Memilih metode memasak sayuran sangatlah penting, suhu dalam memasak juga perlu diperhatikan. Anda bisa memasak sayuran dengan cara dikukus, dipanggang, ditumis, dan direbus.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mengukus sayuran dapat meningkatkan nilai gizi pada sayuran tersebut. Biasakan tidak menggunakan suhu yang tinggi saat memasak sayuran karena akan menghilangkan kandungan vitamin B1 dan vitamin B3 sebanyak 60 persen.

  1. Tambahkan bumbu dan penyedap rasa

Memasak sayuran pastinya akan lebih enak jika menggunakan bumbu dan penyedap rasa. Bahan makanan apa pun yang dimasak, pastinya akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk menambahkan rasa.

Mulai dengan aroma seperti bawang merah, bawang putih atau bawang bombay. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dan merica atau menambahkan rempah-rempah lainnya sesuai selera.

  1. Jangan masak terlalu lama

Dalam mengolah sayuran menjadi suatu hidangan, Anda sebetulnya tidak memerlukan waktu yang lama. Karena dengan memasak sebentar saja, sayuran akan matang dan kandungan nutrisi serta gizinya pun tidak akan hilang. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait