Makna Tuah Sakato bagi Masyarakat Minangkabau  

Tuah Sakato terpajang di logo resmi Sumbar. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Masyarakat Minangkabau adalah etnis yang mendominasi daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dengan slogan utama “Tuah Sakato” yang terpajang di dalam logo resminya, menjadikan hal ini sebagai identitas utama dari masyarakat Minangkabau di Sumbar.

Bacaan Lainnya

Arti dari Tuah Sakato

Tuah Sakato merupakan salah satu ungkapan dalam bahasa Minangkabau yang memiliki makna mendalam. Dalam konteks budaya Minangkabau, “tuah” secara umum mengacu pada nasib baik, keberuntungan, atau anugerah yang diterima seseorang. Sedangkan “sakato” memiliki arti bekerja keras atau berusaha dengan sungguh-sungguh. Jadi, secara harfiah, “Tuah Sakato” dapat diartikan sebagai nasib baik atau keberuntungan yang didapatkan melalui usaha dan kerja keras.

Makna dari ungkapan ini mencerminkan keyakinan masyarakat Minangkabau bahwa keberuntungan atau nasib baik tidak hanya datang begitu saja, tetapi juga dapat diperoleh melalui usaha, tekad, dan kerja keras seseorang. Dengan kata lain, meskipun nasib baik mungkin merupakan faktor yang berperan, namun upaya dan dedikasi yang diberikan seseorang dalam mencapai tujuannya juga sangat penting.

Konsep Tuah Sakato

Konsep “Tuah Sakato” mengajarkan nilai-nilai seperti kegigihan, kemandirian, dan tanggung jawab atas hasil usaha yang telah dilakukan. Ini sejalan dengan budaya Minangkabau yang kental dengan semangat gotong-royong, kebersamaan, dan kehidupan berlandaskan adat.

Ungkapan ini tidak hanya mencakup aspek materi atau kesuksesan dalam bidang pekerjaan, tetapi juga dapat melibatkan keberuntungan dalam kehidupan sehari-hari, hubungan sosial, dan kebahagiaan secara umum.

Dengan menggabungkan nasib baik dan usaha keras, orang Minangkabau meyakini bahwa seseorang dapat mencapai keberhasilan dan kebahagiaan yang lebih besar dalam hidupnya. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait