MK Putuskan Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Muslim M. Yatim: Janggal dan Aneh!

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Barat (Sumbar), Muslim M. Yatim, menanggapi soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan Irman Gusman l menggelar pemungutan suara ulang (PSU). (Foto: Ist/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Barat (Sumbar), Muslim M. Yatim, menanggapi soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan Irman Gusman l menggelar pemungutan suara ulang (PSU).

Bacaan Lainnya

Senator petahana dan terpilih untuk periode 2024-2029 itu mengatakan, putusan itu sedikit janggal dan aneh. Hal tersebut karena yang bukan peserta pemilu berhak mengajukan PHPU. Tapi apa boleh buat, keputusan MK adalah final dan mengikat, dan harus dilaksanakan.

“Tapi pelaksanaan PSU tersebut tidak segampang yang dibayangkan, karena akan banyak effort yang harus di keluarkan, effort tenaga, pikiran dan tentu finansial” ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, putusan PSU DPD jelas menimbulkan kerugian yang besar bagi Sumatera Barat, secara kasat mata yang bersengketa itu Irman Gusman dan KPU, tapi kenapa peserta pemilu yang sudah lolos proses yang harus di PSU kan juga.

“Dengan adanya PSU ini apakah partisipasi pemilih yang akan hadir ke TPS akan sebanyak sebelum PSU? Mengingat masyarakat yang harus kembali ke TPS hanya untuk mencoblos satu surat suara yaitu DPD,” ujarnya.

Ini merupakan kerja berat bagi KPU untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 45 hari ke depan.

“Tapi apapun itu, kita tidak khawatir sedikitpun menghadapi PSU tersebut, karena tim kita siap kembali bekerja mempertahankan perolehan suara kita padang pileg 14 Febuari lalu,” tutup Muslim M Yatim. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait