Mudik Aman? Ini Tips dari Kabid Humas Polda Sumbar

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan memberikan tips aman dalam melaksanakan mudik lebaran tahun 2024. (Foto: Polda Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan memberikan tips aman dalam melaksanakan mudik lebaran tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut ia sampaikan di sela-sela pelaksanaan apel pagi satuan kerja di Mapolda Sumbar , Kamis (4/4/2024).

“Tipsnya 3S, hal ini yang menjadi perhatian saat melakukan mudik agar aman, yang pertama harus siap diri, apakah itu pengemudi maupun penumpang. Jadi intinya harus jaga kesehatan, tidak mengantuk dan konsentrasi dalam berkendaraan,”ujar Kombes Dwi.

Kemudian lanjutnya, harus siap kendaraan saat akan melakukan mudik.

“Kendaraan yang akan kita gunakan harus betul-betul dipersiapkan dengan baik, cek perlengkapannya seperti mesin, ban, rem, radiator. Kendaraan kita apakah layak jalan atau tidak,” katanya.

Dan tak lupa juga katanya soal kelengkapan dokumen kendaraan yaitu STNK dan dokumen pengendara yaitu SIM.

Selanjutnya tips ketiga, harus siap tertib berlalu lintas pada saat melakukan mudik.

“Jangan ada pelanggaran lalu lintas sekecil apapun saat melaksanakan mudik, jangan arogan saat berkendara, harus tertib di saat dalam perjalanan kepada sesama pengguna jalan,” katanya.

Pengendara harus taat dan disiplin dalam berlalulintas, patuhi semua peraturan dan rambu lalulintas dan utamakan keselamatan dalam berkendaraan serta yang paling penting jangan lupa berdoa sebelum berpergian,” imbuhnya.

Terakhir Kombes Dwi juga menyampaikan saat ini Polda Sumbar dan jajaran tengah menggelar Operasi Ketupat Singgalang 2024 untuk pengamanan perayaan Idulfitri tahun 2024.

“Dalam operasi ini, Polda sumbar dan jajaran , telah menyiapkan pos-pos, baik pos terpadu, pos pengamanan dan pos pelayanan, yang semua itu dan itu bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk tempat istirahat sejenak saat berkendara jika kelelahan di jalan,” pungkasnya. (000/003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait