Negara-Negara Berumur Muda di Dunia

Negara-Negara Berumur Muda di Dunia. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Apakah Anda pernah mendengar Negara Kosovo, Sudan Selatan, Montenegro, atau perbedaan antara Ceko dengan Cekoslowakia?

Bacaan Lainnya

Tahukah Anda bahwa negara-negara tersebut berumur muda?

Ada beberapa negara di dunia yang dianggap “berumur muda” karena baru merdeka atau baru terbentuk dalam beberapa dekade terakhir. Berikut beberapa contoh negara tersebut.

  1. Sudan Selatan (South Sudan)

Negara ini lahir berdasarkan kemerdekaannya di tahun 2011. Sudan Selatan merdeka dari Sudan setelah bertahun-tahun konflik sipil dan perjuangan untuk penentuan nasib sendiri. Referendum yang diadakan pada Januari 2011 menunjukkan dukungan besar untuk kemerdekaan. Ibu kotanya berlokasi di Juba.

  1. Timor-Leste (East Timor)

Negara ini merdeka di tahun 2002 setelah mengikuti referendum yang diadakan oleh Indonesia pada tahun 1999. Negara ini sebelumnya adalah wilayah jajahan Portugal sebelum menjadi bagian  Indonesia pada tahun 1975. Ibu kotanya terletak di Dili.

  1. Kosovo

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada Februari tahun 2008. Meskipun Serbia tidak mengakui kemerdekaan Kosovo, banyak negara lain, termasuk Amerika Serikat dan sebagian besar negara Uni Eropa, telah mengakui kedaulatannya. Ibu kotanya berlokasi Pristina.

  1. Eritrea

Eritrea merdeka dari Ethiopia setelah perang kemerdekaan yang berlangsung selama 30 tahun. Referendum yang diawasi oleh PBB pada tahun 1993 menghasilkan dukungan yang sangat besar untuk kemerdekaan. Ibu kotanya berlokasi di Asmara.

  1. Montenegro

Negara ini merdeka pada tahun 2006. Montenegro memisahkan diri dari Serbia melalui referendum pada tahun 2006, menjadi negara merdeka setelah berpisah dari federasi Serbia dan Montenegro. Ibu kotanya berlokasi di Podgorica.

  1. Ceko (Czechia) dan Slowakia (Slovakia)

Kedua negara ini merdeka pada tahun 1993. Terbentuk setelah pecahnya Cekoslowakia. Proses pemisahan berlangsung damai dan terkenal sebagai istilah “Perceraian Beludru” (Velvet Divorce). Ceko beribu kota di Praha, sedangkan Slowakia beribu kota di Bratislava.

Negara-negara ini memiliki sejarah kemerdekaan yang relatif baru dan menghadapi berbagai tantangan dalam proses pembangunan negara, pengembangan ekonomi, dan stabilisasi politik. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait