Operasi Keselamatan Singgalang 2024, Kapolres Pasbar Imbau Ini

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2024, yang dilaksanakan di halaman Mako Polres setempat, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Polres Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Kepolisian Resor Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan dengan mengusung tema “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”.

Bacaan Lainnya

Apel gelar Pasukan dipimpin oleh Kapolres Pasaman Baratq AKBP Agung Tribawanto, dan sebagai Komandan Apel, Ipda Lamhot Nababan, Kanit Turjawali Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat, yang dilaksanakan di lapangan apel Polres Pasaman Barat, Sabtu (2/3/2024).

“Operasi keselamatan singgalang dilaksanakan selama 14 hari ke depan, terhitung mulai dari tanggal 4 sampai 17 Maret 2024 yang tergelar di seluruh Indonesia,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan operasi keselamatan tahun 2024, ada sebelas pelanggaran lalu lintas yang akan menjadi prioritas penindakan oleh petugas dilapangan, yaitu berkendara menggunakan ponsel, pengemudi atau pengendara dibawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara yang tidak menggunakan helm dan pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Selain hal tersebut, Polri juga akan melakukan penindakan terhadap pengendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas, berkendara melebihi batas kecepatan, penggunaan knalpot yang tidak sesuai standar (brong), kendaraan yang melebihi muatan (ODOL), penggunaan strobo yang tidak sesuai dengan peruntukannya dan penggunaan Nomor Polisi (Nopol) palsu,” jelasnya.

Diterangkan, tujuan utama dalam Operasi Keselamatan Singgalang 2024 adalah meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas sehingga bisa terwujudnya masyarakat yang tertib berlalu lintas, serta mengurangi angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar selalu mentaati tata tertib berlalu lintas, dan kita berharap kepada masyarakat untuk bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan dan pelanggaran,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Waka Polres Pasaman Barat Kompol Chairul Amri Nasution, para Kabag, Kasat, Kasi, para Kapolsek sejajaran Polres Pasaman Barat, Pabung Kodim 0305/ Pasaman, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Pasaman Barat, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pasaman Barat, Koordinator Pos Basarnas Pasaman, Ketua Senkom Pasaman Barat dan Ketua Orari Pasaman Barat, serta dari komunitas kendaraan roda 2 dan roda 4 di Kabupaten Pasaman Barat. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait