Pembebasan Lahan Sudah sejak 2022, Ini Perkembangan Proses Pelebaran Jalan Bundaran Simpang Empat Pasaman Baru

Bupati Hamsuardi bersama stakeholder terkait lainnya, saat mendengar pemaparan dari Kasi Survey Pengukuran dan Pemetaan BPN Pasaman Barat Yurdi Apit, di ruang Balkon Bupati setempat, Jumat (19/1/2024). (Foto: WISNU A. UTAMA/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Tahun ini, sebanyak 70 persil lagi dalam upaya pembebasan lahan untuk pelebaran jalan Bundaran Simpang Empat, Pasaman Baru, akan dibayarkan pada warga dengan biaya total senilai Rp5 miliar. Untuk pembayaran awal akan dilakukan Rp3 miliar, menyusul di Anggaran Perubahan nantinya sebesar Rp2 miliar.

Bacaan Lainnya

Hal ini terungkap saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pasaman Barat menggelar rapat progres percepatan pelebaran jalan dua jalur dari Bundaran Simpang Empat hingga Pasaman Baru, di Ruang Balkon Kantor Bupati setempat, baru-baru ini.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan, pada tahun 2022, sebanyak 18 persil dari total 140 persil telah diganti rugi dengan anggaran sebesar lebih kurang Rp1,7 miliar. Kemudian tindak lanjut dari 18 persil tersebut, telah dilakukan pemecahan sertifikat dan pemasangan patok permanen.

Untuk tindak lanjut 2024 ini, Bupati menargetkan dilakukan secepatnya.

Sementara, Kepala BPN Pasaman Barat, melalui Kasi Survey, Pengukuran dan Pemetaan Yurdi Apit memaparkan, tahap pengukuran telah selesai dilakukan, dengan lancar, aman dan terkendali.

“Tanda di lapangan sudah kita beri. Namun pada peta bidang, masih ada kewajiban pemohon yang belum dilengkapi,” terangnya.

Dia meminta agar stakeholder terkait berkomunikasi secara intensif dalam melengkapi kelengkapan yang belum dipenuhi. Karena ada aturan hukum di BPN yang harus dipenuhi agar masyarakat senang dan Pemerintah Daerah aman.

“Masyarakat mohon diberi pengertian bahwa ini adalah kepentingan bersama, agar Pasaman Barat lebih maju dan tertata dengan baik. Jika ada kendala silahkan kita koordinasikan bersama,” ujarnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait