Pemilihan Rektor UNP 2024-2029 Dibuka! Ini Persyaratannya

Rektor UNP Prof. Ganefri, saat diwawancara wartawan di Ruang Sidang Rektor, Rabu (24/1/2024). (Foto: YEYEN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Berdasarkan pengumuman nomor 023/UN35.MWA/TU/2024 tentang Pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang Periode 2024-2029, pendaftaran telah dibuka sejak 22 Januari kemarin, dan akan ditutup pada 4 Maret 2024. Untuk pendaftaran secara daring, bisa dilakukan di https://pilrek.unp.ac.id/.

Bacaan Lainnya

Ini disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, didampingi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNP Prof. Z. Mawardi Effendi dan Ketua Senat Akademik Universitas (SAU) UNP Prof. Lufri, Rabu (25//1/2024), saat Jumpa Pers Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029

“Kita membuka peluang untuk semua orang, tidak hanya yang berasal dari UNP. Mana tahu ada calon rektor dari luar UNP yang berminat bergabung, tetap ada peluangnya, asal memenuhi syarat dan lolos seluruh tahapan pemilihan,” ujar Ganefri.

Ada empat tahapan pemilihan dalam agenda Pemilihan Rektor UNP ini, yaitu penjaringan, penyaringan, pemilihan, dan pelantikan. Dalam masa penjaringan, peluang mendaftar dibuka seluas-luasnya, untuk semua kalangan, yang memenuhi persyaratan. Di masa penyaringan, nantinya para anggota MWA, yang terdiri dari 17 orang, akan memilih tiga di antara pelamar.

Tiga orang tersebut nantinya masuk tahapan pemilihan, yaitu menjalani wawancara dengan Kementerian. Setelah itu, di tahapan pemilihan akan diketahui siapa calon rektor yang terpilih untuk menjadi rektor, yang kemudian akan dilantik pada 5 Juni 2024 oleh Ketua MWA.

Diuraikan, syarat umum menjadi untuk calon rektor antara lain WNI yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki gelar akademik Doktor yang berasal dari PT dalam negeri yang terakreditasi atau PT luar negeri yang diakui Kementerian, punya kompetensi manajerial tinggi, berusia paling tinggi 60 per 4 Juni 2024, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter dan psikolog, memiliki jabatan paling rendah Lektor Kepala, tidak sedang dipidana penjara, punya integritas akademik, dan sejumlah lainnya.

Sedangkan persyaratan administratif yang harus dipenuhi antara lain fotokopi ijazah pendidikan Doktor, fotokopi KTP, keterangan bebas narkoba, berbagai surat pernyataan, yang lengkapnya bisa diunduh di https://pilrek.unp.ac.id/.

Untuk mendaftar offline, bisa datang langsung ke Sekretariat Panitia Pemilihan Rektor UNP periode 2024-2029 di Gedung Rektorat UNP Lantai 2, Jalan Prof. Hamka, Air Tawar Padang.  Sedangkan untuk mendaftar online, langsung ke laman https://pilrek.unp.ac.id/. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait