Pengertian Tulang Kering, Fungsi, dan Bagian-Bagiannya

Pengertian dan Fungsi Tulang
Tulang kering yang sehat akan menjadikan kaki lebih kuat. Sehingga, akan kuat untuk menopang berat badan yang dimiliki. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Pengertian dan Fungsi Tulang Kering

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Tulang kering atau disebut juga dengan tibia merupakan tulang panjang utama pada bagian kaki bawah. Tepatnya berada di bawah lutut dan sepanjang bagian depan kaki. Panjangnya ada di kisaran 36 cm.

Tulang kering menjadi salah satu tulang yang dapat menahan beban dan gerakan. Melansir dari berbagai sumber, berikut fungsi tulang kering.

  1. Penyangga Otot Tungkai Kaki

Tulang kering menjadi penyangga otot yang terletak di area tungkai kaki. Otot yang tertopang dengan baik maka memberikan pergerakan kaki menjadi optimal.

  1. Penyambung Lutut dan Pergelangan Kaki

Fungsi tulang kering yang utama adalah menyambungkan area lutut dan pergelangan kaki. Keberadaan tulang kering akan membantu pergerakan pada pergelangan kaki menjadi lebih baik dan optimal.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Berbagai aktivitas dipengaruhi oleh kondisi tulang kering. Ketika tulang kering sehat dan optimal maka akan membuat keseimbangan tubuh dapat terjaga seta siap dalam setiap kondisi saat melakukan berbagai aktivitas. Seperti berlari, berjalan, melompat, dan lain sebagainya.

  1. Penyangga Berat Badan

Tulang kering yang sehat akan menjadikan kaki lebih kuat. Sehingga, akan kuat untuk menopang berat badan yang dimiliki.

  1. Penggerak Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki dapat bergerak dengan bebas karena dipengaruhi oleh kondisi tulang kering. Ketika tulang kering sehat dan optimal maka akan menjadikan pergerakan Grameds menjadi lebih bebas.

Bagian-bagian Tulang Kering

Melansir dari hellosehat.com, di bawah lutut terdapat dua jenis tulang. Pertama, tulang yang berukuran besar, yakni tibia. Ia menanggung sebagian besar berat antara pergelangan kaki dan lutut. Kedua, sisi terluar tulang tibia terdapat fibula, yakni tulang panjang yang lebih kecil dan memberikan stabilitas serta membantu rotasi pergelangan kaki.

Di ujung tulang kering atau tibia terdapat tulang spons (tulang yang memiliki kantong sirkulasi dan sumsum yang terlihat seperti spons jika dilihat dengan mikroskop). Tulang kering dilapisi dengan lapisan tulang kortikal yang fungsinya menjadi pelindung kekuatan tulang.

Pada bagian atas (superior) tulang tibia yang mmebentuk engsel lutut dan menjadi tempat melekatnya tulang paha disebut dengan tibial plateau (dataran tinggi tibialis). Bagian tulang ini berisi dua kondilus, yakni kondilus lateral (tepi) dan kondilus medial (tengah).

Kemudian, pada bagian depan atas tulang kering terdapat tubersositas tibialis, yakni tulang yang menjadi tempat melekatnya patela (tempurung lutut) melalui ligamen.

Pada bagian inferior (bawah) tulang kering terdapat tiga tulang, yakni maleolus medial, takik fibula (fibula notch), dan lateral maleolus. Ketiga tulang ini menjadi pembentuk pada bagian terbesar dari pergelangan kaki.

Itulah penjelasan pengertian dan fungsi tulang kering beserta bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait