Kebiasaan yang Jadi Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Penjelasan penyebab gagal ginjal
Makanan olahan mengandung natrium dan fosfor dalam jumlah banyak. Sementara orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Gagal ginjal merupakan kondisi yang menyebabkan tidak berfungsinya salah satu atau kedua ginjal. Kondisi ini bisa berkembang secara perlahan (kronis) atau berkembang secara tiba-tiba atau cepat (akut). Penyakit ini menyerang tanpa mengenal usia, artinya orang di usia muda bisa memilikinya.

Bacaan Lainnya

Gaya hidup dan kebiasaan tidak sehat dapat menjadi penyebab gagal ginjal di usia muda. Maka itu penting untuk berolahraga secara teratur, menjalankan pola makan sehat, dan menghindari kebiasaan merokok dan alkohol. Minum air dalam juga cukup juga diperlukan untuk menjaga fungsi ginjal dalam kondisi baik.

Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Ginjal

Tanpa disadari, mungkin Anda sudah membahayakan kesehatan ginjal dengan kebiasaan yang buruk. Berikut ini penjelasan penyebab gagal ginjal di usia muda:

Sering mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan mengandung natrium dan fosfor dalam jumlah banyak. Sementara orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor terlalu banyak dari makanan olahan dapat membahayakan kesehatan ginjal dan tulang.

Kurang minum air putih

Minum air putih dalam jumlah cukup sangat baik untuk menjaga fungsi ginjal tetap optimal. Ginjal berfungsi membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga menjadi salah satu cara untuk mencegah batu ginjal.

Orang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan. Namun, bagi orang sehat disarankan untuk minum 1,5 hingga 2 liter air perhari untuk mencegah penyakit gagal ginjal.

Sering begadang

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan ginjal. Sebab, fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

Terlalu banyak makan daging

Kebiasaan buruk berikutnya yang dapat menyebabkan gagal ginjal di usia muda yaitu terlalu banyak makan daging. Sebab daging hewan menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah, sehingga dapat membahayakan ginjal dan menyebabkan asidosis. Kondisi asidosis adalah ketika ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cepat.

Protein hewani memang dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel tubuh. Namun pola makan tetap harus diimbangi dengan buah dan sayuran.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Gula dapat memicu obesitas dan meningkatkan risiko seseorang terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Dua kondisi tersebut merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Selain makanan penutup, gula juga seringkali ditambahkan ke makanan dan minuman yang mungkin tidak dianggap manis. Misalnya, bumbu masakan, sereal, dan roti putih. Padahal itu semua merupakan sumber gula olahan.

Minum alkohol berlebihan

Minum alkohol terlalu banyak dan rutin, dapat melipatgandakan risiko penyakit gagal ginjal kronis. Apalagi jika peminum alkohol juga merokok, risikonya akan lebih tinggi lagi. Perokok yang merupakan peminum berat memiliki peluang sekitar lima kali lipat terkena penyakit ginjal kronis.

Duduk terlalu lama

Duduk dalam jangka waktu lama juga merupakan penyebab gagal ginjal di usia muda. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan mager (malas gerak). Belum diketahui secara pasti hubungan durasi duduk atau aktivitas fisik berdampak pada kesehatan ginjal. Hanya saja, aktivitas fisik yang lebih banyak dapat mempengaruhi peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa. Dengan begitu, lebih banyak bergerak dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal dibandingkan duduk terlalu lama.

Itulah penjelasan penyebab gagal ginjal di usia muda yang sebaiknya Anda perhatikan. Mulailah membatasi atau menghentikan kebiasaan di atas jika ingin kesehatan ginjal tetap terjaga. (006/B

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait