Penyampaian Ranperda RPJPD tahun 2025-2045, DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat peripurna terkait Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) RPJPD Kota Padang tahun 2025-2045 oleh Walikota Padang, Senin (3/6/2024). (Foto: ARMAN SULEMAN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat peripurna terkait Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) RPJPD Kota Padang tahun 2025-2045 oleh Walikota Padang, Senin (3/6/2024).

Bacaan Lainnya

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang Ayafrial Kani, didampingi wakil ketua Arnedi Yarmen, Ilham Maulana, dan Sekretaris Dewan, Hendrizal Azhar serta anggota DPRD Kota Padang.

Hadir Pj Sekretaris Daerah Kota Padang, Yosefriawan dan OPD-OPD di lingkup Pemko Padang, unsur Forkopimda, Direksi Perumda Air Minum Kota Padang, Dirut RSUD Rasyidin, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Sekda Kota Padang, Yosefriawan, yang mengawakili Pj Walikota Padang, dalam sambutannya menjelaskan, Pemerintah Kota Padang telah melakukan evaluasi pelaksanaan RPJPD tahun 2005- 2025, sesuai dengan amanat Permendagri RI nomor 86 tahun 2017 dan mempedomani surat edaran Menteri Dalam Negeri RI nomor 600 tahun 2023.

“Dalam evaluasi pelaksanaan pembangunan 20 tahun tersebut, Kota Padang telah berhasil mewujudkan visi pembangunan Kota Padang tahun 2005-2025., yaitu Terwujudnya masyarakat madani yang berbasis industri, perdagangan dan jasa yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam kehidupan perkotaan yang tertib dan teratur,” terangnya.

Disebutkan Yosefriawan, pencapaian indikator makro pembangunan telah baik, seperti capaian pada laju pertumbuhan ekonomi, IPM, angka pengangguran, tingkat kemiskinan dan ketimpangan ekonomi.

“Di samping itu, juga target-target pembangunan yang sudah ditetapkan sampai tahun 2025 harus dipastikan dapat tercapai, terutama yang berkaitan dengan visi Kota Padang sebagaimana yang tertuang dalam RPJPD Kota Padang tahun 2005-2025,” ucap Yosefriawan.

Pj Sekda juga menerangkan terhadap capaian pelaksanaan misi RPJPD 2005 2025, seperti mewujudkan pemahaman terhadap adat dan agama dan pengamalan nilai-nilainya sdengan sasaran pokok terbangunnya kehidupan bermasyarakat dengan sasaran pokoknya terbangunnya kehidupan beradat dan beragama secara harmoni.

“Upaya yang dilakukan agar sasaran pokok berupa terbangunnya kehidupan beradat dan beragama secara harmoni, yaitu meningkatkan kerukunan umat beragama, melestarikan adat dan budaya lokal serta meningkatkan kualitas lembaga adat dan budaya,” tutur Yosefriawan.

Pada sektor kepariwisataan, Pj Sekdako menyampaikan, saat ini kepariwisataan di Kota Padang berkembang cukup baik, dengan berbagai program kepariwisataan yang dikelola dengan basis sebagai kota pendidikan, perdagangan dan ekonomi kreatif dalam memaksimalkan branding kota” Padang Nyaman dan Berkesan”.

Lanjutnya, serta meningkatan kualitas sumber daya manusia dengan sasaran pokok terwujudnya kualitas pendidikan keluarga dan masyarakat dengan capaian sangat baik

Yosefriawan menambahkan, pertumbuhan ekonomi daerah yang berdaya saing juga meningkat. Meski pernah dilanda pandemi COVID-19 pada tahun 2020 lalu.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kota Padang, dengan segala upaya telah berhasil meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pembangunan Pasar Raya Padang dan pasar-pasar satelit merupakan perwujudan komitmen pemerintah Kota Padang sebagai pusat perdagangan di wilayah Sumatera Barat.

Serta peningkatan ruang, prasarana dan sarana secara terpadu kearah keseimbangan pembangunan kawasan berkelanjutan. Secara keseluruhan, pencapaian misi ini sudah baik dengan persentase bangunan ber IMB mencapai 78 persen, pemanfaatan ruang sesuai rt/rw mencapai 100 persen dan indeks lingkungan hidup 72,28 persen.

“Oleh sebab itu, dalam rapat paripurna ini secara resmi kami sampaikan ranperda tentang RPJPD Kota Padang tahun 2025-2045 untuk selanjutnya dibahas bersama antara DPRD dan Pemerintah. Dengan harapan dapat disetujui menjadi Perda,” pungkas Sekdako. (000/PAR)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait