Perhelatan Akbar “Festival Anak Sumbar 2023” Dihadiri Ribuan Anak dan Orang Tua

Panggung Ekspresi Forum Anak Kabupaten Tanah Datar di Pergelaran Festival Anak Sumbar 2023, yang menyajikan pertunjukan mengenai "stop bullying", Sabtu (18/11/2023). (Foto: NURUL HAFIZAH/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus.com)

Puncak pergelaran Festival Hari Anak Sumatera Barat 2023, yang mengiringi momen peringatan Hari Anak Sedunia, resmi dibuka, Sabtu (18/11/2023) di Istana Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Padang. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan anak dan orang tua yang berasal dari seluruh daerah di Sumbar.

Bacaan Lainnya

Festival Anak yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) ini, mengankat tema Pertemuan di Taman Bermain.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi Kepala Dinas DP3AP2KB Gemala Ranti, yang sudah merealisasikan harapan Gubernur yang ingin masyarakat, orang tua, dan anak untuk kembali ke taman, bermain bersama, dan meramaikan pekarangan istana gubernur.

Dikatakan Audy, festival anak ini adalah langkah nyata dalam membangun generasi masa depan Sumatra Barat yang lebih cerah, dengan melibatkan anak-anak dalam berbagai aktivitas kreatif dan edukatif.

“Kita memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplorasi potensi mereka, menemukan bakat mereka, dan membentuk impian mereka untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas DP3AP2KB Gemala Ranti, yang telah membuka resmi acara hari itu, mengatakan bahwa pengalaman bermain di ruang publik membentuk fondasi karakter dan keterampilan yang tak ternilai. Anak-anak yang aktif di ruang publik memiliki peluang lebih besar untuk menjadi individu kreatif, mandiri, dan memiliki keterampilan sosial yang kuat. Festival anak ini menjadi perwujudan nilai-nilai tersebut.

“Festival ini menjadi pemicu inspirasi untuk perubahan positif bagi anak di masa depan, menciptakan peluang bagi anak untuk mengeksplorasi bakat kreatif mereka, mewujudkan ide-ide mereka dan wadah mengembangkan imajinasi tak terbatas bagi anak,” tambah Gemala.

Festival anak ini juga disambut antusias oleh anak-anak, remaja, dan orang tua yang mengikuti acara tersebut. Seperti di sampaikan Pika (35), salah satu orang tua anak, bahwa kegiatan ini sangat positif dan dapat dirasakan manfaatnya.

“Tentunya kegiatan ini sangat positif, mengajak anak-anak untuk kembali ke taman, dengan harapan semangat anak- anak dapat terpacu, dan lebih semangat untuk berkegiatan di luar rumah,” sebut Pika.

Kegiatan ini merupakan acara puncak dari Peringatan Hari Anak yang sebelumnya sudah diluncurkan sejak Juli 2023 oleh Gurbernur Sumbar di pelantaran Gedung DP3AP2KB, yang akan digelar hingga Minggu (19/11/2023), dengan serangkaian acara yang tak kalah menarik. (023)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait