Sambut Pemilu 2024, Petugas KPPS di Pessel Diberi Wejangan oleh Bawaslu Sumbar

Dua puluh hari jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan koordinasi lintas sektoral, dalam hal persiapan pengawasan dan penghitungan suara Pemilihan Umum serentak tahun 2024. (Foto: REGA/SumbarFokus.com)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Dua puluh hari jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan koordinasi lintas sektoral, dalam hal persiapan pengawasan dan penghitungan suara Pemilihan Umum serentak tahun 2024. Pilpres, DPR I, DPD RI DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan Pilkada.

Bacaan Lainnya

Disebutkan oleh Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Sumbar Vifner, koordinasi lintas sektoral, dalam hal persiapan pengawasan dan penghitungan suara Pemilihan Umum serentak tahun 2024, penting dilaksanakan.

Hal ini untuk menyamakan persepsi, untuk membahas beberapa isu menyangkut persiapan Pemilu 2024.

“Apresiasi buat Bawaslu Pessel, bersama KPU Pessel, dan stakeholder telah melaksanakan acara penting ini,” ujarnya.

Ada lima hal penting disampaikan Vifner, untuk jadi perhatian para petugas KPPS. Pertama, rekrutmen KPPS dan petugas TPS agar benar-benar dilaksanakan secara profesional, berintegritas, memenuhi syarat sesuai Undang-Undang.

Kedua, persiapan pemungutan suara untuk petugas KPPS perlu diperhatikan. Petugas perlu memastikan bahwa pemberitahuan pada pemilih benar-benar telah sampai.

“Jangan sampai disalahgunakan, atau diperjual belikan pada peserta pemilu. Ini petugas KPPS harus jeli,” katanya.

Ketiga, pada saat proses pemungutan suara, pastikan TPS telah dibuka 1 jam sebelum pelaksanaan pemungutan suara, dan pastikan juga saksi telah berada di TPS.

Kemudian keempat, rekapitulasi suara harus berjalan baik, dan kelima, proses penghitungan suara juga lancar.

“Bawaslu terus melakukan berbagai langkah dalam melaporkan setiap kegiatan, melalui basis digitalisas( yang ada di Bawaslu, yaitu Aplikasi Siwaslu. Dan, jangan halangi masyarakat yang ingin mengambil dokukentasi kegiatan di TPS,” katanya.

Kegiatan tersebut juga menghadirka narasumber dari KPU Pesisir Selatan, Kadiv Teknis dan Penyelanggara KPU Pesisir Selatan Syafrijal Chan. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait