Dua Pucuk Senpi Diserahkan Warga ke Mapolres Aceh Timur

Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru, saat memperlihatkan senpi laras panjang yang diserahkan warga. (Foto: ISKANDAR ISHAK/Sumbarfokus.com)

ACEH TIMUR (Sumbarfokus)

Salah salah satu warga Kabupaten Aceh Timur menyerahkan dua pucuk senjata api (senpi), yakni AK 56 dan senpi revolver beserta amunisi aktif.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru, dalam konfresi pers, di aula Mapolres setempat, Senin (29/1/2024).

Kapolres menyebutkan, pihaknya pada Sabtu (27/1/2024), menerima dua pucuk senpi serta amunisi aktif dari salah seorang warga.

“Awalnya, saat tim opsnal Satreskrim sedang melakukan patroli rutin, lalu tiba-tiba ada warga yang menghampiri petugas, spontan petugas berhenti menghampiri warga tersebut. Setelah warga melaporkan terkait telah ditemukan senpi, kemudian petugas mengarahkan agar menyerahkan senjata tersebut kepada pihak kepolisian,” terang AKBP Nova.

Dikatakan AKBP Nova, senjata itu ditemukan dalam bungkusan karung di kebun milik warga, yang diduga merupakan bekas konflik Aceh dulu.

Lebih lanjut Kapolres merincikan, senjata yang diamankan di antaranya 17 butir peluru aktif kaliber 7,62 mm, 2 butir amunisi aktif kaliber 3,2 mm, satu pucuk AK 56, dan satu pucuk senpi revolver serta satu buah magazine senpi AK56.

Saat ini, senjata yang dimaksud sudah diamankan Polres Aceh Timur, diletakkan dalam gudang senjata. Namun, kondisi senjata belum diketahui apakah masih aktif atau tidak, karena belum dilakukan uji coba oleh petugas.

Penyerahan ini mendapat apresiasi karena dinilai telah mendukung menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kapolres juga terus mengimbau kepada warga yang memiliki senjata api secara ilegal, agar menyerahkan kepada pihak Kepolisian, karena memiliki dan menyimpan senpi ilegal merupakan tindakan kriminal dan melawan hukum. Hal ini sesuai dengan pasal 1 Undang undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman 20 (dua puluh tahun) penjara.

“Menjelang Pemilu 2024 yang tinggal dalam hitungan hari, mari kita ciptakan suasana wilayah hukum Polres Aceh Timur yang aman, nyaman, damai dan sejuk,” pungkas Kapolres. (020)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait