Taman Pintar, Tempat Wisata di Yogyakarta

Taman Pintar, tempat wisata di Yogyakarta. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dikenal dengan destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan, Yogyakarta juga dijuluki sebagai “Kota Pelajar” karena memiliki sejumlah wisata edukasi.

Bacaan Lainnya

Salah satunya adalah Taman Pintar, sebuah tempat yang menyajikan pembelajaran interaktif dan menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia.

Berikut adalah fakta menarik Taman Pintar:

1. Sejarah Taman Pintar
Pembentukan Taman Pintar dimulai ketika terjadi ledakan perkembangan sains pada tahun 1990-an, terutama dengan kemajuan teknologi informasi yang membawa manusia ke era tanpa batas saat ini.

Sebagai respons terhadap penggunaan teknologi yang semakin meningkat dan tak terpisahkan dari kehidupan, Pemerintah Kota Yogyakarta mengusulkan ide untuk menciptakan “Taman Pintar”. Tempat ini dinamakan demikian karena di sini, para siswa dari tingkat TK hingga SMA dapat mengeksplorasi konten pembelajaran sekolah mereka sambil bersantai.

2. Tersedia Wahana untuk Anak Paud hingga SMA
Taman Pintar menawarkan beragam wahana edukasi menarik yang cocok untuk semua kelompok usia, mulai dari anak-anak usia dini hingga remaja yang bersekolah di SMA.

Bagi anak-anak terkecil, terdapat area bermain dan PAUD Timur yang dirancang khusus untuk merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Sementara itu, para remaja yang sudah memasuki jenjang sekolah menengah dapat menjelajahi wahana seperti Planetarium, Science Center, dan Kampung Kerajinan.

3. Destinasi Wisata Hijau
Taman Pintar menyajikan pengalaman wisata ramah lingkungan yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Salah satunya adalah Zona Pengolahan Sampah, yang dibagi menjadi empat area khusus.

Setiap zona ini mengajarkan cara-cara berbeda dalam mengelola sampah organik, melibatkan teknik seperti biopori, komposter komunal, serta memanfaatkan cacing dan lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF). (BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait