4 Kondisi Kaki Jadi Petunjuk Ungkap Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kesemutan. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Saat menghadapi masalah kesehatan, tubuh biasanya memberikan sinyal-sinyal khusus yang terlihat melalui perubahan kondisi fisik atau bagian tubuh tertentu.

Bacaan Lainnya

Salah satunya, beberapa masalah kesehatan bisa ditandai dengan perubahan kondisi kaki. Lalu, apa saja arti berbagai kondisi kaki bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya:

1. Perubahan Warna
Apapun warna kulit Anda, jika terjadi perubahan warna pada kaki, hal ini bisa menandakan penyakit diabetes. Selain itu, jika ada semburat berwarna biru di kaki mengindikasikan ada masalah sirkulasi.

2. Kaki Kesemutan
Terkadang, kesemutan pada kaki dianggap sebagai hal yang remeh. Namun, ini bisa menjadi pertanda adanya gangguan saraf yang dikenal sebagai neuropati perifer.

Meskipun diabetes adalah penyebab umum dari kondisi ini, namun hal tersebut juga bisa disebabkan oleh berbagai kondisi lain, seperti masalah ginjal atau hati, gangguan autoimun, keberadaan tumor, dan faktor-faktor lainnya.

3. Kaki Bengkak
Pembengkakan pada pergelangan kaki atau kaki sering disebabkan oleh konsumsi makanan berlebihan yang mengandung garam, penggunaan obat tertentu, atau berdiri dalam posisi tegak untuk waktu yang lama. Selain itu, pembengkakan juga sering terjadi sebagai efek samping yang umum pada masa kehamilan.

Pembengkakan yang parah pada kaki bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit ginjal, hati, jantung, gangguan fungsi pembuluh vena, hingga penggumpalan darah di vena dalam.

4. Kaki Terasa Dingin
Rasa dingin pada kaki bisa menjadi gejala adanya gangguan peredaran darah. Penyempitan pembuluh darah kecil di jari-jari tangan dan kaki bisa menghambat aliran darah, menyebabkan kulit menjadi pucat, membiru, dan bahkan terasa mati rasa.

Jika tidak ditangani dengan serius, Anda mungkin berisiko mengidap penyakit serius seperti penyakit jantung, arteri perifer (pembuluh darah), atau anemia.
(Magang-Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait