Dishub Sumbar Gelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2023

Pasaman
Sosialisasi Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2023 yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu (8/3/2023). (Foto: Ist.)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menggandeng Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, menggelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tahun 2023 yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati setempat, Rabu (8/3/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan turut dihadiri perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Perwakilan Kelapa UPTD wilayah 3 Sumatera Barat, Kadis Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Perwakilan Kasatlantas Polres Pasaman Barat, Kepala OPD, siswa-siswi tingkat SLTA, dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, dalam sambutannya, mengatakan, penggunaan kendaraan terutama roda dua sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun, kesadaran akan pentingnya aturan dalam berkendara masih sangat kurang terutama di kalangan usia remaja.

“Kita semua telah mengetahui tentang peraturan berlalu lintas yang telah diterapkan seperti tidak ugal-ugalan, menggunakan helm, mematuhi aturan, dan lain sebagainya, tapi kita masih saja melanggar hal tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan, berdasarkan data di tahun 2022 menunjukkan, bahwa angka kecelakaan di Pasaman Barat meningkat sebanyak 393 kali dengan korban 56 orang meninggal dunia. Dari angka kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, luka-luka hingga cacat seumur hidup tercatat sebagai korban adalah anak usia produktif yakni usia 13 hingga 32 tahun. Untuk itu, ia berharap pentingnya kesadaran dalam berlalu lintas.

“Sosialisasi ini penting kita adakan dengan mengikutsertakan anak-anak kita yang diharapkan dapat mengingatkan kembali komitmen berlalu lintas dengan baik di Pasaman Barat dan kita berharap pentingnya kesadaran dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan harapan kepada pada pelajar.

“Saya berharap kepada anak-anakku, mulai hari ini, marilah kita berlalu lintas dengan baik, sebab secara umum kita masih kurang sadar dengan aturan berlalu lintas. Di usia Pasaman Barat yang sudah 19 tahun ini tentunya masih banyak kekurangan di jalan seperti, jalan rusak, banyaknya lobang di jalan, bahu jalan yang tidak ada, marka jalan dan sebagainya yang membuat kecelakaan di jalan. Kami akan berusaha hingga menjadi baik,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat melalui Kabid Lalu Lintas dan Pembinaan Keselamatan Era Oktaviady menyatakan, data kecelakaan yang terjadi di Sumbar pada tahun 2022 meningkat dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan pada tahun 2022 tercatat sebanyak 512 orang yang mengalami kecelakaan dan 56 orang berasal dari Pasaman Barat.

“Kontribusi data pelaku dan korban kecelakaan lalu lintas adalah usia tingkat SLTA,” katanya.

Di samping itu, Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakaruddin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat yang telah menggelar acara tersebut di Pasaman Barat. Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat lanjutnya, terus menggagas berbagai kegiatan, untuk mengurangi terjadinya kecelakan di jalan terutama kepada anak muda.

“Banyak anak-anak kita saat ini belum usia yang tepat, namun sudah dilepas oleh orang tua untuk menggunakan sepeda motor, baik untuk ke sekolah maupun berpergian ke tempat lain. Kegiatan sosialisasi ini akan kita gelar juga untuk tingkat SD dan SLTP. Kami berharap sekolah yang telah ditunjuk menghadiri kegiatan hari ini, menjadi pelopor di tengah masyarakat. Minggu depan kita juga mengadakan rapat internal membentuk forum LLAJ di Pasaman Barat untuk membantu mensosialisasikan bagaimana keselamatan berlalu lintas ini,” tuturnya.

Di akhir kegiatan, Bupati Hamsuardi didampingi stakeholder terkait membagikan helm pada para pelajar yang berhasil menjawab kuis dari Bupati Pasaman Barat. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait