Kenali Gejala Kulit Terbakar Sinar Matahari dan Cara Mengatasinya

Kenali gejala kulit terbakar matahari. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Cuaca di Indonesia akhir-akhir ini semakin panas. Hal ini membuat sulit untuk beraktivitas di luar ruangan.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, kulit pun akan menjadi rentan terbakar sinar matahari atau sunburn. Hal ini terjadi akibat terlalu lama terpapar sinar matahari ultraviolet (UV). Kondisi ini tentunya membuat tidak nyaman dan harus segera diatasi.

Pada dasarnya gejala sunburn pada setiap orang berbeda-beda tergantung dari respon kulit terhadap paparan sinar matahari serta durasi dari paparan sinar UV. Misalnya, orang yang memiliki kulit putih pucat lebih cenderung mudah terkena sunburn.

Namun, bagi orang yang berkulit gelap biasanya mereka akan lebih bisa menoleransi paparan sinar matahari karena memiliki kadar melanin yang tinggi. Melanin sendiri merupakan suatu zat yang berperan dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gejala yang timbul dari terpapar matahari adalah timbulnya kemerahan pada kulit, iritasi pada kulit, sensasi panas dan panas pada kulit serta di kasus yang berat kulit bisa saja membengkak dan melepuh.

Cara mengatasi kulit yang sudah iritasi karena hal ini cukup mudah, tentunya dengan tidak menggunakan sembarangan produk karena akan menimbulkan efek buruk lain, semisal tidak cocok dengan produk tersebut.

Ternyata, ada banyak bahan alami untuk mengatasi hal ini contohnya mengoleskan gel lidah buaya dan yogurt, mengunakan masker timun, mandi dengan air dingin, mengompres kulit menggunakan kantong teh dan juga anda bisa mengoleskan madu pada kulit yg kemerahan. (BBS/Magang/Zeni)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait