Kuota Calhaj di Agam 2024 Capai 569 Orang, 394 Sudah Lunasi Bipih

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam menyebut jumlah calon haji asal daerah setempat yang akan diberangkatkan ke tanah suci tahun ini mencapai 569 orang. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam menyebut jumlah calon haji asal daerah setempat yang akan diberangkatkan ke tanah suci tahun ini mencapai 569 orang.

Bacaan Lainnya

Staf Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Agam Rahma Yunita, Kamis (22/2/2024), menjelaskan jumlah tersebut terdiri atas kuota reguler 400 orang, prioritas usia lanjut 40 orang dan kuota cadangan sebanyak 129 orang.

“Total kuota semuanya 569 orang, terdiri dari reguler 400 orang, prioritas usia lanjut 40 orang, cadangan 129 orang,” katanya.

Sementara itu, untuk kuota tambahan, kata dia, diperkirakan baru dilakukan pembagian setelah tahap pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahap pertama selesai.

Dikatakan, pelunasan biaya haji tahap pertama bakal berakhir pada 23 Februari 2024, sedangkan untuk pelunasan tahap kedua akan dimulai 13 Maret hingga 26 Maret 2024.

Hingga berita ini diterbitkan, pihaknya mencatat sebanyak 394 calon haji setempat baik reguler maupun cadangan telah melakukan pelunasan biaya haji.

Alasan tidak melunasi lanjutnya, beragam mulai belum siap untuk berangkat karena menunggu kesiapan anak dan pasangan. Ada di antara data yang keluar jemaah calon hajinya sudah meninggal dunia, ada beberapa orang di antaranya karena dana tidak mencukupi.

“Kemudian ada beberapa di antaranya tidak adanya pendamping bagi jemaah prioritas lansia sehingga keluarga tidak siap melepas jemaah lansia,” ungkapnya.

Untuk kuota pelunasan tahap dua katanya lagi, masih menunggu nama-nama yang berhak melunasi keluar, karena pengisi pelunasan tahap dua adalah jamaah yang gagal sistem pada pelunasan tahap pertama.

“Lalu, pengusulan pendamping jemaah lansia, pengusulan penggabungan mahram, pengusulan pendamping disabilitas,” ujarnya. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait