Lantik PPK, KPU Agam Minta Jalankan Tugas Dengan Baik Sukseskan Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, mengajak anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru mengambil sumpah atau janji untuk segera menjalankan tugas demi menyukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati setempat pada 2024. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, mengajak anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru mengambil sumpah atau janji untuk segera menjalankan tugas demi menyukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati setempat pada 2024.

Bacaan Lainnya

 

Ketua KPU Agam, Herman Susilo, dalam acara pengambilan sumpah di Lubuk Basung, Kamis (16/5/2024) menekankan pentingnya langkah awal yang harus diambil oleh anggota PPK.

“Tugas pertama anggota PPK setelah mengambil sumpah atau janji adalah melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan membentuk sekretariat,” kata Herman Susilo.

Selain itu, Herman menyebutkan bahwa tugas selanjutnya bagi PPK adalah membentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap nagari.

Setelah pembentukan PPS, tahapan berikutnya meliputi pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, logistik, serta pungut hitung pada 27 November 2024 dan kemudian rekapitulasi suara.

“Dari hari ini tahapan Pilkada hanya tinggal tujuh bulan dan waktu tersebut sangat sempit, sehingga tidak ada waktu untuk bersantai,” tambahnya.

Pihaknya menekankan pentingnya anggota PPK untuk segera bersatu dan berbaur dalam menjalankan tugas demi kesuksesan Pilkada.

“Diharapkan Undang- Undang Pilkada dan regulasi yang ada menjadi pedoman dalam menjalankan tugas penyelenggaraan Pilkada, serta berpedoman pada kode etik dan perilaku,” tuturnya.

Herman juga menambahkan bahwa komposisi anggota PPK yang baru disumpah terdiri dari sekitar 60 persen mantan PPK Pemilu 2024 dan sisanya adalah anggota baru.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Sekretariat Daerah Agam, Fauzi, mengucapkan selamat kepada anggota PPK yang baru dilantik.

Pihaknya berharap anggota PPK segera beradaptasi di kecamatan masing-masing dan cepat memahami regulasi yang ada.

“Perkuat koordinasi dengan Forkopimca agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar,” kata Fauzi.

Dengan semangat dan kerja keras dari anggota PPK yang baru dilantik, diharapkan Pilkada 2024 di Kabupaten Agam dapat berjalan dengan sukses dan lancar. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait