Stop Bullying! Forum Anak Tanah Datar Sampaikan Pesan Menohok di Panggung Ekspresi Festival Anak Sumbar 2023

Penampilan Panggung Ekspresi bertema "Stop Bullying" dari Forum Anak Kabupaten Tanah Datar dalam Festival Anak Sumbar 2023, Sabtu (18/11/2023). (Foto: NURUL HAFIZAH/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Festival Anak Sumbar 2023 digelar. Suasananya membawa kegembiraan bagi anak dan orang tua. Melalui kegiatan festival, dihadirkan ruang bermain untuk anak. Juga ada panggung ekspresi, pameran kreasi, gelangang arang, kelas bermain dan belajar, lomba-lomba, dan banyak kegiatan menarik lainnya.

Bacaan Lainnya

Dari pantauan SumbarFokus.com, kegiatan yang dilaksanakan 18 sampai dengan 19 November ini dihadiri ribuan anak dan orang tua. Salah satu daya tarik dari kegiatan ini adalah Panggung Ekspresi.

Panggung Ekspresi merupakan serangkaian acara yang mengekspresikan seni dan kreativitas anak melalui pertunjukan, melalui seni tutur atau bercerita dan seni pertunjukan lainnya.

Ketua Forum Anak Tanah Datar Decha Aulya mengatakan bahwa panggung ekspresi merupakan wadah edukasi terhadap anak melalui cara yang menyenangkan.

“Penting bagi kita untuk memilih tema yang tepat untuk panggung ekspresi, karena selain memberikan penampilan yang menarik, kita juga ingin memberikan pesan untuk anak-anak yang menonton penampilan ini,” ujar Decha.

Stop bullying atau stop perundungan menjadi tema yang diambil oleh Forum Anak Tanah Datar. Diketahui, tema anti perundungan ini dipilih karena kekhawatiran terhadap maraknya kasus perundungan yang terjadi di kalangan anak sekolah.

“Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran anak akan pentingnya saling menyayangi, saling berteman, dan saling menghargai perbedaan yang ada, karena sejatinya, perbedaan bukan untuk disamakan tapi untuk disatukan,” tambah Decha.

Menurutnya, maraknya kasus perundungan di kalangan anak baru-baru ini menjadi salah satu masalah serius.

“Karena itu, panggung ekpresi kita manfaatkan untuk memberi edukasi kepada anak-anak, dan salah satu upaya pencegahan kasus perundungan di kalangan anak,” sebutnya lagi.

Tak hanya Forum Anak Tanah Datar, terdapat 19 forum Anak dari berbagai daerah Sumbar lainnya, yang turut menampilkan penampilan terbaiknya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Gemala Ranti mengatakan bahwa Festival Anak bertajuk Pertemuan di Taman Bermain ini merupakan aktivitas kreatif untuk anak.

Sebagaimana taman bermain yang berfungsi untuk ruang temu dan berinteraksi, konten festival dan tata ruang kegiatan ini juga dirancang sebagai arena untuk distribusi pengetahuan, memaknai kearifan lokal dari keragaman budaya yang terdapat di provinsi Sumatera Barat.

Gemala menambahkan, memaknai kearifan lokal dan memahami keberagaman budaya merupakan modal penting untuk menumbuhkan sikap toleransi yang baik pada anak-anak. Dengan memiliki sikap toleransi yang baik, anak-anak bisa tumbuh menjadi manusia dewasa yang berkarakter, berkepribadian baik dan berwawasan luas. (023)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait