Pelaku Curanmor Ditangkap, Rupanya Residivis yang Tak Kapok Dibui

Residivis curanmor, IL (28), diringkus tim opsnal Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat di Jorong Kasik Putih Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kamis (7/12/2023). (Foto: WISNU A. UTAMA/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Tim opsnal Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pasaman Barat meringkus seorang pria, IL (28), atas dugaan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Bacaan Lainnya

Pelaku diketahui sebagai warga Jorong Sariak Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, yang berhasil diringkus oleh Petugas di Jorong Kasik Putih Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (7/12/2023), sekitar pukul 05.00 WIB.

“Benar, Pelaku berinisial IL yang berhasil diringkus tim opsnal Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/238/XII/2023/SPKT/RES PASBAR tanggal 7 Desember 2023,” ungkap Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, melalui Kasat Reskrim AKP Fahrel Haris.

Diterangkan, kejadian berawal Rabu (6/12/2023) sekitar pukul 20.00 WIB, tepatnya di Jalan Tangah Padang Jorong Batang Biyu, Nagari Lingkung Aua, Kecamatan Pasaman, saat Korban bernama Rahmat (31) sedang membonceng Pelaku dengan mengendarai sepeda motor milik korban merk Honda Verza Nomor Polisi BA 3682 CZ.

Dalam perjalanan, pelaku menanyakan surat-surat kendaraan milik korban. Korban pun berhenti sejenak dan turun dari sepeda motor miliknya untuk mengambil surat-surat kendaraan yang berada di dalam kantong celana. Saat itu, mesin sepeda motor korban dalam keadaan hidup (kontak tidak dimatikan), sedangkan pelaku masih tetap berada (duduk) di atas sepeda motor milik korban.

“Saat korban turun dari sepeda motor dan kondisi mesin dalam keadaan hidup, tiba-tiba Pelaku langsung melarikan sepeda motor milik Korban dengan cara mengendarainya, lalu pergi begitu saja dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Atas peristiwa tersebut, Korban langsung melaporkan kejadian yang dialaminya ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pasaman Barat,” terangnya.

Dikatakan, setelah melakukan pemerikasan terhadap para saksi atas kasus pencurian tersebut, tim opsnal Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian terhadap pelaku, yang dipimpin langsung Kanit Opsnal Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat Ipda Andi Khaerin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat, pelaku berada di rumah salah satu temannya yang berada di Jorong Kasik Putih Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

“Mendapat informasi keberadaan pelaku, petugas langsung bergerak cepat menuju lokasi, dan berdasarkan bukti pemulaan yang cukup, pelaku berhasil diringkus oleh petugas, saat berada di rumah temennya di Jorong Kasik Putih Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur,” ungkapnya.

Dijelaskan, petugas mengamankan barang bukti dari Pelaku berupa, satu unit kendaraan bermotor merk Honda Verza dengan Nomor Polisi BA 3682 CZ warna putih.

Berdasarkan hasil interogasi awal, barang bukti berupa sepeda motor merk Honda Verza ini rencananya akan dijual oleh pelaku, kemudian pelaku diketahui merupakan seorang residivis dalam kasus yang sama, dan sudah keluar masuk penjara sebanyak tiga kali.

“Saat ini, Pelaku beserta barang bukti telah dibawa ke Mapolres Pasaman Barat, guna kepentingan proses penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman pidana lima tahun penjara,” jelasnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait