Persiapan Kerja di Luar Negeri, Apa yang Harus Diperhatikan?

Penjelasan persiapan kerja
Ekspektasi masyarakat ketika ada seseorang bekerja di luar negeri adalah gaji yang besar. Hal ini wajar diharapkan karena terjadi perbedaan kurs mata uang. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Untuk memulai persiapan kerja di luar negeri, hal pertama yang Anda harus ketahui adalah adanya perbedaan budaya, tradisi dan gaya hidup dari masyarakat.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Anda juga perlu memahami cara menerima transfer uang dari luar negeri agar transaksi bisa aman.

Lantas, apa saja syarat kerja di luar negeri dan bagaimana persiapannya? Simak penjelasan persiapan kerja di luar negeri.

Syarat Kerja di Luar Negeri

Persiapan kerja di luar negeri mungkin saja berbeda dengan Indonesia. Untuk dapat menjalani karir profesional di negara asing, terdapat beberapa syarat sebagai berikut:

  1. Mendapatkan Persetujuan Keluarga

Ketika memutuskan untuk bekerja di luar negeri, sebaiknya Anda meminta izin kerja ke keluarga, terlebih jika telah memiliki pasangan. Karena bagaimanapun, persetujuan orang tua dan kerabat merupakan hal penting.

Selain itu, memberi kabar pada anggota keluarga juga bisa menjadi bantuan apabila dibutuhkan dokumen penting ketika Anda telah berada di negara asing atau jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Memiliki Keahlian yang Mumpuni

Syarat kerja di luar negeri selanjutnya adalah mengasah keahlian yang dimiliki dalam bidang kerja. Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan global jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan negara asal.

Oleh karena itu, mempersiapkan keterampilan atau mempelajari keahlian baru dapat membantu Anda bertahan di tempat kerja. Saat ini, sudah banyak tersedia kelas persiapan khusus guna memfasilitasi Anda dalam meniti karir.

  1. Mempunyai Mental Kuat

Syarat kerja di luar negeri yang sering dilupakan adalah mempersiapkan mental yang kuat. Hal ini berkaitan dengan perbedaan budaya dan gaya hidup di negara asing sehingga cara menyampaikan pendapat bahkan sudut pandang orang dapat berbeda.

Kedua aspek tersebut tidak mudah untuk diterima orang awam. Alasannya karena telah terbiasa menjalani kehidupan dengan budaya negara asal sehingga jarang memiliki ekspektasi tentang perbedaan berikut.

Selain itu, mental kuat juga diperlukan guna menghadapi tekanan kerja dan lingkungan pergaulan nantinya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami bahwa budaya serta kebiasaan di negara asal perlu disesuaikan ketika bekerja di luar negeri.

  1. Mampu Beradaptasi dengan Cepat

Hidup di luar negeri mengharuskan Anda untuk beradaptasi dengan cepat terkait bahasa, budaya dan cara bersosialisasi masyarakatnya. Memang tidak mudah serta membutuhkan waktu yang lama. Namun, keahlian ini wajib dimiliki oleh pekerja asing.

Apabila keahlian beradaptasi dengan cepat belum dimiliki, besar kemungkinan Anda akan mengalami culture shock dan berujung pada hilangnya semangat sekaligus motivasi kerja.

Mampu beradaptasi dengan cepat akan membantu Anda dalam membangun komunikasi timbal balik bersama rekan kerja serta bersosialisasi di lingkungan masyarakat.

  1. Memiliki Dokumen Lengkap

Syarat kerja di luar negeri yang menjadi prioritas adalah memiliki dokumen lengkap. Terkait dengan hal ini, setiap negara punya keperluannya masing-masing. Anda dapat mengecek kelengkapan file berikut pada website resmi negara tujuan.

Umumnya, berikut beberapa dokumen yang diperlukan guna persiapan kerja di luar negeri:

  • Paspor
  • Visa Kerja (berbeda dengan Visa wisata)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan salinannya
  • Ijazah jenjang pendidikan terakhir
  • Akta Kelahiran

Surat yang mencantumkan status pernikahan atau salinan Buku Nikah jika telah menikah.

Persiapan Kerja di Luar Negeri

Berbicara tentang persiapan kerja di luar negeri, memang ada beberapa hal tambahan yang perlu disertakan jika Anda memutuskan untuk membangun karir pada perusahaan asing.

Kebutuhan yang lebih kompleks dalam persiapan kerja di luar negeri dibutuhkan guna proses transmisi seorang pekerja dari negara asalnya ke perusahaan asing. Agar lebih memahaminya, berikut beberapa poinnya:

  1. Mengetahui Budaya Kerja dengan Baik

Sembari mempersiapkan diri, Anda juga perlu mencari informasi tentang budaya kerja perusahaan dan negara tujuan. Persiapan kerja di luar negeri ini akan membantu dalam proses adaptasi serta bersosialisasi di masa depan.

Untuk mendapatkan berita berikut, Anda dapat menghubungi rekan yang memiliki pengalaman kerja di luar negeri lebih lama atau kelompok orang-orang tergabung dalam naungan Kedutaan Besar guna menemukan sudut pandang baru.

Informasi budaya kerja yang perlu diketahui sebelum berangkat ke negara asing diantaranya adalah jam kerja, tugas, budaya berpakaian, hak cuti dan pengiriman gaji.

Berita berikut umumnya bisa didapatkan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atau tercantum pada kontrak pekerjaan dari Perusahaan.

  1. Mengenal Negara Tujuan

Persiapan kerja di luar negeri selanjutnya adalah mengenali negara tujuan. Maksudnya, Anda dapat mencari informasi tentang budaya lingkungan sekitar kota yang akan ditinggali nanti.

Selain itu, lakukan riset tentang cuaca, musim, variasi makanan, aturan hukum, norma, budaya serta tradisi di area sekitar perusahaan dan tempat tinggal. Jangan sampai, Anda menyinggung masyarakat lokal pada hari pertama kerja.

  1. Mengetahui Pekerjaan yang Akan Dilakukan

Ketika mendapatkan pemberitahuan penerimaan kerja, sebaiknya Anda melakukan verifikasi kembali agar benar-benar memahami jenis pekerjaan seperti apa yang akan dilakukan saat sampai di negara tujuan.

Persiapan kerja di luar negeri ini perlu dilakukan guna mencegah tindakan penipuan yang nantinya akan merugikan Anda. Faktanya, aksi berikut telah banyak terjadi pada tenaga kerja asing sehingga perlu dilakukan antisipasi.

Sebagai awalan, Anda bisa mencari tahu perusahaan terkait di internet dan melihat bidang apa yang sebenarnya digeluti. Langkah lain, hubungi rekan atau pihak ketenagakerjaan untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut valid.

  1. Memiliki Kemampuan Bahasa

Penjelasan persiapan kerja di luar negeri adalah tenang kemampuan bahasa. Selain memahami budaya dan tradisi, ada baiknya Anda telah mahir menggunakan bahasa negara tujuan. Keahlian ini akan menjadi nilai plus untuk persiapan kerja di luar negeri.

Namun, jika waktu keberangkatan terhitung sangat dekat, dapat dimaklumi bahwa Anda masih belum bisa fasih bahasa asing. Dalam hal ini, Anda boleh menggunakan bahasa Inggris untuk menjalin komunikasi sembari mempelajari bahasa asing tersebut.

  1. Berani Menerima Risiko Gaji Lebih Rendah

Ekspektasi masyarakat ketika ada seseorang bekerja di luar negeri adalah gaji yang besar. Hal ini wajar diharapkan karena terjadi perbedaan kurs mata uang.

Namun, faktanya, bekerja di luar negeri tidak selalu menjamin gaji besar. Masih ada risiko jumlah pesangon yang kecil jika dibandingkan tingginya biaya hidup dan kebutuhan transportasi.

  1. Memahami Cara Transaksi di Luar Negeri

Berada di luar negeri mengharuskan Anda untuk memahami cara bertransaksi dalam mata uang asing. Oleh karena itu, pelajari langkah-langkah transfer uang ke negara asal dan sebaliknya agar Anda tidak merasa kesulitan ketika telah bekerja.

Itulah penjelasan persiapan kerja di luar negeri. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait