Sosialisasi SRIKANDI, Sekda Mawardi Roska: Perlunya Pemahaman bagi Perangkat Pemda

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan Sosialisasi Penerapan Aplikasi Srikandi sekaligus peluncuran dan penandatangan Komitmen Kepala Daerah beserta jajaran terkait, Senin (20/11/2023), di Painan. (Foto: REGA DESFINAL/sumbarfokus.com)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan Sosialisasi Penerapan Aplikasi Srikandi sekaligus peluncuran dan penandatangan Komitmen Kepala Daerah beserta jajaran terkait, Senin (20/11/2023), di Painan.

Bacaan Lainnya

Peluncuran dan penandatangan komitmen bersama terkait penerapan Aplikasi Srikandi tersebut melibatkan seluruh pimpiman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Sosialisasi Aplikasi Srikandi, sekaligus peluncuran dan penandatangan Komitmen bersama Sistem Informasi Dinamis Terintegrasi tersebut secara resmi dibuka atas nama Bupati Pesisir Selatan, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Mawardi Roska.

Kegiatan tersebut dibagi atas dua sesi pertemuan, dan menghadirkan dua orang narasumber, yakni dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Dinas Propinsi Sumatera Barat yang terkait urusan bidang kearsipan.

Sesi pertama, Sosialisasi Kebijakan Implementasi Srikandi di Lingkungan Pemerintah Daerah, disampaikan oleh narasumber dari Arsip Nasioanal Republik Indonesia (ANRI). Sementara, sesi kedua, pemaparan tentang Srikandi (Teori dan Praktek), yang disampaikan oleh narasumber dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah Mawardi Roska, pada momen ini mengatakan, Aplikasi SRIKANDI secara Nasional telah diluncurkan menjadi Aplikasi umum bidang kearsipan pada Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE), sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik

“Dalam Aplikasi Srikandi, setiap Informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” ucapnya.

Dijelaskan, keberadaan Srikandi adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya.

Sesuai dengan Peraturan Kementerian PAN-RB Nomor 679 Tahun 2020, tentang Aplikasi umum bidang kearsipan kearsipan, bahwa setiap pemerintah daerah. Diharapkan, dapat meningkatkan efisiensi penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan kearsipan yang terpadu. Untuk itu perlu pemahaman bagi perangkat pemerintah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakan, pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan arsip selama ini tidak efisien, akses yang lamban, serta penyimpanannya yang tersebar, tidak mampu memenuhi kebutuhan instansi pemerintahan maupun kebutuhan publik.

“Inovasi adalah kunci kemajuan. Karenanya, adaptasi teknologi harus segerah dilakukan, serta membuat layanan arsip yang cepat harus menjadi prioritas,” ujarnya.

Mengingat begitu pentingnya peran arsip ini, diharapkan kepada seluruh perangkat daerah sebagai pencipta arsip memahami tata kelola yang baik dan inovatif dalam pengelolaan kearsipan sehingga pelayanan publik dapat dilayani dengan cepat dan tepat.

Selaras dengan upaya menciptakan tata kelola arsip, baik secara konvensional maupun secara digital, penerapan aplikasi Srikandi, proses administrasinya tidak terbatas jarak dan waktu. Artinya, kapanpun dan dimanapun proses adiministrasinya dapat dilakukan.

Melalui Aplikasi Srikandi ini, pihaknya berharap banyak hal yang bisa dilakukan antara lain. Pertama, dengan penerapan aplikasi Srikandi diharapkan dapat mewujudkan sistem informasi kearsipan yang dinamis terintegrasi di seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efekrif dan akuntabel.

“Sebagai pilot project, Aplikasi Srikandi digunakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Diskominfo, BPKPAD, Sekretariat Daerah, Bapedalitbang, Dinas Kesehatan, BKPSDM Kabupaten Pesisir Selatan,” sebutnya. (019)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait