Tanpa Karbit, Ini Cara Mudah Mematangkan Buah Mangga

Mematangkan Mangga tanpa Karbit
Mangga yang dimasukkan dalam kantong kertas atau dibungkus dengan koran, akan mengeluarkan gas etilen yang merupakan gas tidak berbau, yang akan mempercepat proses pematangan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Siapa yang tidak menyukai mangga? Buah satu ini selalu jadi buruan setiap musimnya datang. Aroma yang khas serta rasanya yang manis menyegarkan membuat mangga jadi favorit banyak orang.

Bacaan Lainnya

Namun, ada kalanya mangga yang Anda beli tidak selalu matang. Bahkan saat dikupas hanya rasa asam yang terasa. Anda menemukan mangga yang demikian tentu Anda perlu menunggu lebih lama. Jangan bingung dulu.

Anda bisa mematangkan mangga dengan cepat tanpa karbit di rumah. Tentunya Anda bisa segera makan mangga favorit Anda. Salah satu caranya ternyata bisa memanfaatkan kain. Seperti apa caranya? berikut ulasan lengkapnya.

Cara Mematangkan Mangga tanpa Karbit

Sebagian orang suka mangga yang belum matang yang rasanya asam manis. Namun, mangga yang sudah matang terasa lebih enak dan manis. Nah, jika di rumah ada mangga yang belum matang dan Anda ingin mematangkannya, silahkan ikuti tips mematangkan mangga berikut.

Salah satunya Anda bisa memanfaatkan kain. Kain serbet yang bersih atau handuk juga bisa digunakan untuk mematangkan mangga. Caranya pun mudah.

Bungkus mangga bersama batang-batangnya dengan kain tersebut, lalu tunggu beberapa hari. Hasilnya, mangga akan matang dengan sempurna dan mengeluarkan aroma harum yang menggoda. Selain kain, Anda juga bisa menggunakan beberapa trik berikut ini untuk mematangkan mangga mentah Anda.

  1. Pergunakan kantong kertas atau koran.

Mangga yang dimasukkan dalam kantong kertas atau dibungkus dengan koran, akan mengeluarkan gas etilen yang merupakan gas tidak berbau, yang akan mempercepat proses pematangan.

Tapi, pastikan untuk tidak menutup kantong atau membungkus mangga dengan sangat rapat. Beri ventilasi sedikit agar udara dan gas bisa keluar, supaya jamur tidak muncul.

Kalau ingin lebih cepat matang, taruh apel atau pisang yang sudah matang di samping mangga yang ada di dalam kantong kertas atau di dalam bungkusan koran. Dengan begitu maka akan meningkatkan jumlah etilen, sehingga mangga lebih cepat lagi matangnya.

  1. Timbun di dalam beras atau biji jagung.

Teknik kuno ini awalnya berasal dari India. Namun orang dulu juga kerap melakukan trik ini. Pada dasarnya cara mematangkan mangga dengan menimbun di dalam beras atau biji jagung sama saja dengan cara mematangkan mangga dengan kantong kertas atau bungkusan koran.

Beras atau biji jagung akan membantu memerangkap gas etilen di sekitar mangga, sehingga proses pematangan jadi lebih cepat. Cara ini tergolong sangat efektif untuk mematangkan mangga. Oleh karena itu, periksa mangga setiap 6 atau 12 jam sekali, agar mangga tidak jadi terlalu matang.

  1. Campur dengan mangga yang sudah matang.

Apabila mangga yang belum matang disimpan bersama-sama dengan mangga yang sudah matang, maka “dia” juga akan jadi cepat matang.

  1. Letakkan mangga pada suhu kamar.

Letakkan saja mangga mentah itu di atas meja dapur, tanpa dibungkus atau ditutup apapun. Yang penting ruangan tempat mangga diletakkan memiliki suhu kamar. Dalam beberapa hari mangga akan matang secara alami. Lunak, banyak air, dan siap untuk dimakan.

  1. Letakkan pada area yang gelap.

Kalau tidak sabar menunggu beberapa hari, maka letakkan mangga pada area yang gelap dan tertutup rapat. Area yang gelap biasanya mempercepat kematangan mangga.

Itulah penjelasan tentang cara mudah mematangkan buah mangga tanpa karbit. Mudah, bukan? Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait