Wisuda Ke-134, Prof. Ganefri: UNP Miliki Peran Penting dalam Pengembangan SDM untuk Sambut Indonesia Emas 2045

Wisuda Ke-134, Prof. Ganefri: UNP Miliki Peran Penting dalam Pengembangan SDM untuk Sambut Indonesia Emas 2045. (Foto: UNP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Wisuda ke-134 Universitas Negeri Padang (UNP) diadakan selama dua hari (30 dan 31 Maret 2024). Pada hari pertama, Sabtu, 30 Maret 2024, 1.164 lulusan diwisuda, dan 1165 di hari kedua, pada total 2.329 lulusan.

Bacaan Lainnya

Dalam pidatonya, Prof. Ganefri, Ph.D., rektor UNP, mengucapkan selamat kepada wisudawan atas gelar akademik yang sesuai dengan bidang studi mereka.

“Saya atas nama pribadi, sebagai pimpinan dan atas nama seluruh warga Universitas Negeri Padang menyampaikan dengan rasa bahagia dan apresiasi tinggi atas kelulusan wisudawan/wisudawati sekaligus mengucapkan selamat atas gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh,” kata Prof. Ganefri, Sabtu (30/3/2024) di Auditorium UNP.

Dalam pidatonya yang berjudul “Peran Aktif Universitas Negeri Padang dalam Mempersiapkan Generasi Emas Melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Sumatera Barat” mengungkapkan bahwa UNP memegang peran yang sangat penting dalam mengembangkan SDM untuk menyambut Indonesia Emas 2045, terutama di Provinsi Sumatera Barat yang merupakan salah satu lumbung pemikir dan cendekiawan nasional.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa UNP telah membuktikan kemampuannya untuk menghasilkan lulusan berkualitas, siap kerja, dan memberikan dampak positif pada masyarakat Sumatera Barat. Di antara peran UNP adalah dengan aktif mengemban dan mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya untuk Pembangunan SDM di Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kegiatan ini yang akan memberikan orasi adalah Wali Kota (Wako) Bukittinggi Erman Safar untuk hari pertama, sekaligus penandatanganan MoU antara UNP dengan Kota Bukittinggi, pada kesempatan itu Prof. Ganefri, Ph,D juga menyerahkan empat SK Program Studi Baru di UNP, yakni Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan kepada Dekan Fakultas Kedokteran dan SK S1 Pendidikan Vokasional Seni Kuliner dan S1 Pendidikan Vokasional Desain Fashion kepada Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

Erman Safar dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Kebijakan Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Bukittinggi” mendorong para wisudawan bergerak dalam usaha mandiri dan tidak menggantungkan nasib kepada corporate dan lembaga lainnya karena kemandirian mencoba usaha sendiri merupakan pilihan sangat tepat mengingat kondisi Sumatera Barat yang bukan merupakan provinsi ramah bagi pencari kerja.

“Semoga para wisudawan bisa bermanfaat untuk kampus dan mengharumkan nama UNP sebagai alumni sehingga dapat meyakinkan orang-orang yang ingin masuk ke kampus ini untuk menjadi mahasiswa baru,” tambahnya.

Diketahui sebanyak 1.164 lulusan diwisuda pada hari pertama ini, dimana 121 lulusan Diploma 3 yang berasal dari Fakultas Bahasa Seni (FBS) 21 orang, Fakultas Teknik (FT) 65 dan 35 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kemudian tamatan Program S1 dan D4 Kependidikan sebanyak 555 orang yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 258 lulusa, 180 dari FBS, 105 FT dan 12 lulusan FEB.

Selain itu, ada 278 orang dalam Program S1 dan D4 Non Kependidikan, dengan 89 orang dari FBS, 74 orang dari FT, dan 115 orang dari FEB. 1 orang telah menyelesaikan Program Profesi Konselor Magister, 191 orang telah menyelesaikan Program Magister (S2), dan 18 orang telah menyelesaikan Program Doktoral. (000/unp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait