Edarkan Sabu, Seorang Pemuda di Pasbar Diringkus Polisi

Tim opsnal Satuan Resnarkoba Polres Pasaman Barat, saat mengamankan pelaku di rumahnya yang berada di Jorong Sungai Talang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Selasa (5/3/2024) pagi. (Foto: Polres Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat membekuk seorang pemuda berinisial HA (32), yang diduga melakukan tindak pidana peredaran gelap narkotika golongan I jenis sabu-sabu. Pelaku diringkus di rumahnya yang berada di Jorong Sungai Talang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Selasa (5/3/2024), sekitar pukul 10.00 WIB pagi.

Bacaan Lainnya

“Benar, pelaku diduga sebagai pengedar narkotika jenis sabu-sabu, yang berhasil diringkus petugas di rumahnya, saat sedang tertidur pulas dj kamarnya,” ujar Kasat Resnarkoba AKP Eri Yanto, mewakili Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, kepada awak media, Kamis (7/3/2024).

Dikatakan, pelaku ditangkap seiring dengan keresahan dan adanya laporan dari masyarakat, terkait maraknya transaksi dan penggunaan Narkotika disebuah rumah yang berada di pinggir jalan Jorong Sungai Talang, Nagari Koto Baru.

“Sebagai tindak lanjut atas laporan tersebut, tim opsnal Satuan Resnarkoba Polres Pasaman Barat langsung melakukan penyelidikan di sekitar rumah yang dicurigai, yang berada dipinggir jalan Jorong Sungai Talang untuk memastikan kebenaran laporan dari masyarakat tersebut,” ucapnya.

Diterangkan, setelah melakukan penyelidikan, petugas langsung melakukan penggrebekan disebuah rumah di Jorong Sungai Talang, dan mengamankan seorang lelaki dewasa berinisial HA, yang saat itu sedang tertidur di kamarnya.

Setelah mengamankan pelaku, petugas langsung melakukan penggeledahan di rumah tersebut, yang disaksikan oleh Kepala Jorong dan masyarakat setempat. Selanjutnya dari hasil penggeledahan di rumah pelaku, petugas menemukan 12 paket kecil diduga berisi sabu, kemudian pelaku mengakui bahwa barang haram tersebut adalah benar miliknya.

“Penggeledahan juga dilakukan di belakang rumah tepatnya di kandang ayam milik pelaku, petugas kembali menemukan tujuh paket kecil narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik klip warna bening,” terangnya.

Ia menjelaskan, petugas menyita barang bukti dari pelaku HA yakni, 19 paket kecil Narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik klip warna bening, satu buah kotak permen merek Teens warna pink dan satu unit handphone merk Realmi warna hitam.

Saat ini, pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Pasaman Barat untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 114 ayat (1) Jo pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto mengimbau masyarakat untuk berperan aktif memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, dengan memberikan informasi kepada aparat Kepolisian.

Peran penting masyarakat sangat dibutuhkan dalam memberantas peredaran dan penggunaan narkotika, tentunya dengan sinergitas masyarakat dan kepolisian serta pihak terkait lainnya, akan mempersempit ruang gerak para pengedar narkoba.

“Jika masyarakat menemukan atau melihat adanya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di sekitar wilayah masing-masing, untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian melalui aplikasi Whats App chat only “Hallo Pak Kapolres” di nomor 0882-27130-0033 dan juga nomor Hotline 110 untuk pengaduan dan respon cepat,” ujarnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait