Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Hadiri Pembukaan Inacraft 2023

Solok
Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda Hadiri Upacara pembukaan pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft 2023, berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Foto: Ist.)

JAKARTA (SumbarFokus)

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda Hadiri Upacara pembukaan pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft 2023, berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Sederet menteri menghadiri pameran bertajuk “The 23 Jakarta International Handicraft Trade Fair” itu, antara Lain  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Ketua Umum ASHEPI Muchsin Rudha,  Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman ,  Gubernur se Indonesia , Bupati / Walikota se-Indonesia, Ketua Dekranasda se-Indonesia,  Pengrajin se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Asosiasi Exportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan mengucapkan  syukur karena Inacraft kembali  hadir di tengah masyarakat Indonesia dan Dunia.  Lebih lanjut dikatakannya, Pameran kali ini masih mengangkat persoalan serupa pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu “From Smart Village to Global Market”. Dimana INACRAFT ke-23 berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara ikon pamerannya  menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kekayaan tradisi, seni, dan budaya Sulawesi Selatan dengan tagline “The Authentic South Sulawesi”.

Pada kesempatan yang sama,  Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman juga ikut memberikan sambutan dan mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kini sedang gencar mewujudkan misi untuk mengembalikan kejayaan Sulawesi Selatan.

“Kami mencoba untuk bagaimana mengembalikan kejayaan-kejayaan yang pernah ada di Sulawesi Selatan, termasuk diantaranya dalam tema yang kami usung, salah satunya kejayaan sutra. Untuk mewujudkan misi itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mencoba untuk memberdayakan UMKM dan meningkatkan standarisasi produk,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melanjutkan pesan dari Presiden Joko Widodo, yang berhalangan hadir mengucapkan selamat atas telah terselenggaranya pameran inacraf tahn 2023. Disebut Sandi bahwa  pameran ini dapat menjadi ajang yang tepat untuk berinteraksi, bertukar informasi, dan mempererat hubungan antar daerah maupun antar negara.

“Puncak acara berakhir di agenda peresmian pembukaan pameran Inacraft, yang ditandai dengan pemukulan gendang bersama. Inacraft 2023 akan hadir selama lima hari, dari 1 sampai 5 Maret mendatang, di seluruh Hall Jakarta Convention Center. Tercatat 1.118 peserta UMKM mengikuti pameran ini. Mereka menghadirkan kerajinan tangan yang dapat dibeli oleh pengunjung,” ucap Menteri Sandiaga Uno.

Dikesempatan lain, Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Emiko Epyardi Asda manyampaikan bahwa  titik berat pemerintah Kabupaten Solok  dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Epyardi Asda ini memang di bidang UMKM.

“Maka dari itu kami bersama Bapak Bupati selalu turun kelapangan untuk mengetahui apa saja kebutuhan masyarakat dibidang UMKM ini, sehingga kami bisa membantu para penggiat UMKM di Kabupaten Solok ini, dan mudah mudahan dengan adanya pameran Inacraft ini profuk UMKM Kabupaten Solok ini akan semakin dikenal di Nasional maupun Internasional,”  ujarnya.

(000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait