Pj Wako Padang Panjang: Keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintah Dapat Diukur dari Nilai SAKIP

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Sonny Budaya Putra mengatakan, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pemerintah diukur dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). (Foto: Pemko Padang Panjang/sumbarfokus.com)

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Sonny Budaya Putra mengatakan, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pemerintah diukur dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Bacaan Lainnya

“Seperti kita ketahui nilai SAKIP kita pada 2022 baru berada di kategori B. Kalau dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan pada RPJP 2018-2023, pada 2023 SAKIP kita harus kategori A. Tentunya ini menjadi perhatian bersama untuk bisa meningkatkan nilai SAKIP ini,” sampainya saat membuka kegiatan Bimtek LKjIP (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah) di Hall Lantai III Balai Kota, Rabu (15/11/2023).

Sonny menyebutkan, dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, ada beberapa faktor yang menyebabkan belum tercapainya taget penilaian SAKIP. Salah satunya ketidaksesuaian dari apa yang direncanakan sampai kepada pelaksanaan, sampai ke evaluasi dan pelaporan.

“Ini harus kita bedah dan sempurnakan. Karena kalau perencanaannya sudah salah atau tidak tepat, pasti nanti pelaksanaan dan hasilnya tidak akan maksimal. Perlu kiranya kegiatan bimtek ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada kita semua,” ujarnya.

Sonny mengungkapkan, keberhasilan kinerja pemerintahan harus diawali dengan proses perencanaan yang baik dan bagaimana pelaksanaannya dan hasilnya yang harus tepat sasaran.

“Bukan hanya sekadar sampai pada sebuah tahapan, program kegiatan dilaksanakan kemudian selesai. Namun sejauh mana manfaatnya dan dampaknya untuk masyarakat,” ungkapnya.

Kepada para peserta bimtek, Sonny berharap untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin. Sehingga dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan penilaian kinerja, dan meminta untuk masing-masing OPD agar melakukan evaluasi internal. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait