Pj Wako Sonny Terima Penghargaan Baznas Award

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra menerima penghargaan Baznas Award 2024 dari dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat, Kamis (29/2/2024), di Jakarta. (Foto: PAUL/SumbarFokus.com)

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra menerima penghargaan Baznas Award 2024 dari dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat, Kamis (29/2/2024), di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad, yang juga dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Noor Achmad menyampaikan, penghargaan ini diserahkan kepada daerah yang kepala daerahnya peduli dengan Baznas di daerahnya.

“Selamat untuk daerah yang telah berhasil menerima penghargaan ini,” katanya.

Kota Padang Panjang merupakan salah satu penerima, karena kepala daerahnya sangat gigih dalam mengumpulkan zakat melalui ASN dan muzaki swasta seperti pengusaha.

Usai menerima penghargaan, Sonny mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah memberikan penghargaan kepada Padang Panjang.
Penghargaan yang diterimanya justru menjadi pengingat agar Pemerintah Kota Padang Panjang bersama Baznas Padang Panjang, lebih memperhatikan persoalan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat.

“Masih banyak masyarakat kita yang berada di bawah garis kemiskinan, makanya terus kita angkat, supaya mereka lebih sejahtera,” ucapnya

Oleh karena itu, penghargaan yang diterimanya dipersembahkan untuk Baznas Padang Panjang, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemko Padang Panjang, dan masyarakat, yang telah berkontribusi dalam pengumpulan zakat tersebut.

Pj Wako menuturkan , zakat yang telah terkumpul , banyak dimanfaatkan untuk persoalan penuntasan kemiskinan di daerah. Penyalurannya dilakukan untuk mengintervensi delapan program pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat, meliputi Rumah Tak Layak Huni (RTLH), jambanisasi, stunting, anak tidak sekolah, disabilitas, dan pengangguran, semua terbagi dalam Padang Panjang Cerdas, Padang Panjang Sehat, dan Padang Panjang Makmur.

“Ini sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kita semua. Semoga menjadi motivasi bagi kita untuk terus peduli serta memberikan dukungan agar pengumpulan zakat terus meningkat. Semuanya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan umat,” ucapnya.

Ia berharap, sinergitas antara Pemerintah Kota dengan Baznas RI, Baznas Provinsi dan Baznas Kota dapat terus terbangun dengan baik.

Sonny juga mengapresiasi capaian kinerja Baznas Kota Padang Panjang yang telah bekerja keras dalam menyejahterakan masyarakat dan ikut membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

“Ke depan, penghargaan ini akan kita pertahankan, bahkan kapan perlu kita tingkatkan. Sekali lagi terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah berupaya untuk mewujudkan ini,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Baznas Kota Padang Panjang Syamsuarni, yang ikut mendampingi menambahkan, perolehan zakat di Padang Panjang dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat . Pada tahun 2023 malah melebihi target. Seiring dengan hal tersebut, capaian pemanfaatannya juga dikelola dengan KUP baik. Hal itu ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan ekstrem di Padang Panjang.

Dalam kesempatan itu, Pj. Wako juga didampingi oleh Kepala Baznas Padang Panjang Syamsuarni dan perwakilan OPD terkait lainnya. (000/PAR)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait