Tak Hanya Cari Korban Hilang, Satgas Banjir Bandang di Agam Juga Bersihkan Sungai

Penanggulangan bencana banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi tidak hanya melakukan pencarian dan evakuasi korban serta membersihkan sungai dari material longsor tetapi juga melakukan pembersihan pada fasilitas umum seperti masjid. (Foto: ANIZUR/SumbarFokus,com)

AGAM (SumbarFokus)

Penanggulangan bencana banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi tidak hanya melakukan pencarian dan evakuasi korban serta membersihkan sungai dari material longsor tetapi juga melakukan pembersihan pada fasilitas umum seperti masjid.

Bacaan Lainnya

Hal ini dilakukan satgas untuk membantu masyarakat agar dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk beribadah maupun kebutuhan lainnya.

Terlihat salah satu masjid yang dibersihkan itu adalah masjid Jami’ Jorong Galuang Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam, Kamis (16/5/2024).

Bangunan itu juga terdampak banjir bandang dengan endapan lumpur yang cukup tebal serta banyaknya kayu-kayu gelondongan dan bebatuan yang terdampar di pekarangan masjid tersebut.

Kabid KL BPBD Agam Ichwan Putra Danda mengatakan, pembersihan bangunan itu mengatakan dia bahu membahu dengan warga sekitar dalam bersihkan masjid tersebut.

“Dengan dibersihkannya masjid ini, diharapkan dapat digunakan oleh warga untuk beribadah maupun untuk keperluan lainnya,” ujar dia.

Dikatakan juga, sebelum berakhirnya masa tanggap darurat tanggal 25 Mei 2024, satgas akan berusaha semua fasilitas umum yang terdampak bisa lebih banyak dibersihkan.

“Moga-moga secepatnya semua fasilitas umum bisa kita bersihkan sebelum masa tanggap darurat berakhir,” pungkas Ichwan. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait