BI Sumbar Gelar FESMina dan Festival Ekonomi Digital Sumbar 2023, Ada Target Pembiayaan UMKM Rp2 Miliar per Hari

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumbar Endang Kurnia Saputra (tengah) menjelaskan pada awak media mengenai agendai FESMina 2023 dan Festival Ekonomi Digital 2023, didampingi oleh Deputi Kepala Perwakilan Christoveny (paling kanan) dan Deputi Kepala Perwakilan Dadang Arif Kusuma (paling kiri). (Foto: YEYEN/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Tahun ini, 25 Juni hingga 16 Juli, merupakan jadwal rangkaian Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESMina) dan Festival Ekonomi Digital Sumatera Barat (Sumbar). Akan ada tiga tahapan gelaran kegiatan, yaitu pre-event pada 25 Juni hingga 2 Juli di sejumlah wilayah di Sumatera Barat, main event pada 13-16 Juli di Bukittinggi, dan kegiatan-kegiatan post event (setelah acara festival).

Bacaan Lainnya

“FESMina ini merupakan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Sumbar. Sumbar merupakan provinsi pemenang sembilan Anugerah Adinata Syariah. Dari sepuluh kategori, sembilan dimenangkan Sumbar. Ini bagus sekali. Kemudian, selain itu, kita juga mendorong transaksi digital, mendorong QRIS juga di Sumbar,” terang Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Endang Kurnia Saputra, Jumat (23/6/2023) malam.

Dalam rangkaian kegiatan FESMina tersebut, disampaikan Endang, juga ditargetkan munculnya kucuran pembiayaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) minimum per hari Rp2 miliar. Angka minimal ini, disebutkan, bukan tidak mungkin tercapai, mengingat ada sekitar 50 UMKM yang akan dilibatkan BI Sumbar dalam business matching untuk mendapatkan pembiayaan bank.

“Satu hari kita ada 50 UMKM yang ‘dijual’ ke bank, untuk KUR, kredit ekspor, dan sebagainya. Kita kerjasama juga dengan BRI untuk bisa berikan kredit-kredit UMKM kita yang siap ekspor. Ini sudah ada di Sumbar. Contohnya, Bumbu Mande, itu sudah dijual ke Eropa.Target satu hari bisa pembiayaan minum Rp2 miliar. Kita targetkan, empat hari bisa lebih dari itu,” ungkap Endang, yang dalam kesempatan tersebut didampingi juga oleh Deputi Kepala Perwakilan Christoveny dan Deputi Kepala Perwakilan Dadang Arif Kusuma.

Dikatakan juga, diharapkan terjadi penjualan produk-produk UMKM peserta festival, terutama yang kuliner. Disebut Endang, diperkirakan transaksi per UMKM Kuliner bisa mencapai minimal Rp1,5 juta per hari, mengingat pengunjung yang hadir sangat banyak, baik dari pihak undangan maupun potensi dari masyarakat sektiar ataupun wisatawan.

Diuraikan, untuk kegiatan awal, di 25 Juni, akan ada Senam QRIS dan kegiatan donor darah yang akan digelar di GOR H. Agus Salim Padang. Juga akan ada bermacam lomba, seperti lomba pesantren, lomba zakat-infak-sedekah-wakaf. Juga ada lomba fesyen halal dan display UMKM-UMKM binaan BI dan bank-bank di Sumbar yang memproduksi produk halal.

“Semua transaksi dilaksanakan dengan digital payment, terutama dengan QRIS,” imbuh Endang.
Untuk ajang main event , dikatakan, aka nada 13 kegiatan yang dibuka di Bukittinggi, dengan venue Jam Gadang dan Lapangan Kantin. UMKM-UMKM yang akan mengikuti festival ini sendiri berasal dari binaan BI, binaan bank-bank di Sumbar, dan binaan Dekranasda.

Menurut Endang, bisa jadi tercapai transaksi mencapai Rp120 miliar selama empat hari kegiatan, dari agenda-agenda menginap di hotel-nya para pengunjung dan kegiatan belanja mereka.

“Kita mendatangkan pimpinan bank sekitar 45 orang. Itu belum dihitung dengan stafnya. Anggaplah satu bank ada 10 orang yang datang, sudah 450 orang dalam satu hari. Belum lagi dari masyarakat, ditambah dengan target-target pembiayaan dan kredit,” sebutnya.

Sesuai main event, ditambahkan oleh Deputi Kepala Perwakilan Dadang Arif Kusuma, masih banyak kegiatan-kegiatan post-event yang akan dilakukan. Salah satunya adalah program QRIS Goes to Shcool, yang merupakan upaya edukasi untuk pelajar terkait keuangan digital.

“Ini dilaksanakan mulai 13 Juli, namun setelah festival berakhir tetap akan diteruskan, sebagai agenda kegiatan post-event,” terangnya. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait