Cara Menyimpan Daging Sapi Tanpa Kulkas, Terbukti Lebih Awet!

Cara menyimpan daging sapi
Ilustrasi. (Canva/Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Cara menyimpan daging sapi tanpa kulkas perlu dicoba ketika Anda punya banyak stok. Dengan begitu, Anda tidak harus membekukan semuanya di freezer, ya.

Bacaan Lainnya

Cara menyimpan daging ini bisa membuat kualitasnya tetap segar, meski listrik padam atau kulkas tengah bermasalah.

Saat Anda memiliki stok daging kurban lebih, maka beberapa cara ini juga bisa menjadi cara menyimpang daging kurban yang bisa Anda coba. Untuk itu, yuk, praktikkan cara berikut di rumah.

  1. Rendam daging sapi dengan cuka

Cara menyimpan daging sapi tanpa kulkas yang pertama yakni merendamnya dengan cuka. Namun, perendamanya jangan asal. Gunakan cuka dengan pH 4,6 dan wadah yang higienis serta kedap udara, agar daging dapat disimpan tahan lama.

  1. Rendam daging sapi dengan garam

Selain cuka, menyimpan daging sapi tanpa kulkas bisa dengan merendamnya di dalam air garam. Untuk menyimpannya, cukup siapkan wadah bersih, tuang air, garam, dan daging kurban. Lalu, tutup rapat wadah, dan simpan di tempat sejuk cenderung dingin.

  1. Keringkan daging sapi

Cara menyimpan daging sapi tanpa kulkas lainnya bisa dengan mengeringkan atau mengasinkannya. Sebelum melakukannya, iris-iris daging, buang semua lemak, kemudian jemur hingga kering. Cara ini dijamin bisa membuat dagingmu lebih tahan lama, lho!

  1. Pengasapan daging sapi

Aktivitas pengasapan bisa jadi salah satu cara untuk menyimpan daging sapi tanpa kulkas. Walau terbilang tradisional, tapi ini bisa membuatnya awet.

Untuk melakukannya, iris tipis daging, lalu jemur di atas tempat pembakaran dan pengasapan. Ingat, asap bersifat karsinogen, jadi konsumsi olahan daging asap seminimal mungkin, ya.

  1. Dehidrasi daging

Teknik dehidrasi merupakan penyimpanan daging sapi yang populer di Afrika Selatan. Untuk melakukan teknik ini, Anda hanya perlu menyiapkan dehidrator yang bisa dibeli di toko online.

Pengoperasiannya terbilang mudah. Cukup masukkan daging dalam dehidrator, lalu atur suhu dan waktunya.

  1. Pengalengan daging

Cara menyimpan daging sapi tanpa kulkas terakhir dapat dilakukan dengan teknik pengalengan. Pada penerapannya, gunakan pengalengan bertekanan agar daging lebih awet. Langkahnya, ikuti beberapa uraian berikut ini, ya.

  • Pertama, cincang daging sapi, dan bulatkan atau pipihkan
  • Kemudian, masak hingga sedikit kecokelatan
  • Sebelum melakukan pengalengan, tiriskan daging untuk menghilangkan lemaknya
  • Siapkan kaleng, isi 2-3 inci air, dan daging cincang
  • Beri tambahan kaldu daging, air, jus tomat, dan sisakan 1 inci di kaleng bagian atas
  • Atur suhu pengalengan, lalu proses dalam pressure canner kurang lebih 75-90 menit
  • Jika sudah selesai, keluarkan kaleng, dan dinginkan
  • Hindari membuka kaleng sebelum benar-benar dingin, maka kaleng akan tertekan otomatis.

Cara menyimpan daging sapi tanpa kulkas di atas bisa Anda coba di rumah, ya. Sekarang tidak perlu khawatir lagi, kalau kulkas numpuk atau sedang rusak. Langkah-langkah di atas terbilang mudah dan efektif. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait