Lima Penyebab Klakson Mobil Tidak Mau Berbunyi

Penyebab klakson tidak berbunyi
Klakson juga bisa enggan bersuara lantaran ada kerusakan di bagian switch-nya. Switch adalah bagian penting pada klakson yang berfungsi sebagai tombol. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Klakson pada kendaraan menjadi salah satu hal yang wajib ada. Bisa dibilang, klakson menjadi alat komunikasi antarpengendara di jalan raya.

Bacaan Lainnya

Dengan membunyikan klakson, Anda bisa memberitahukan posisi kendaraan kepada pengendara lain, maupun sebagai langkah peringatan kepada pengendara lain. Makanya, kalau klakson bermasalah dan tidak berbunyi pasti akan mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda di perjalanan.

Mengutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 hal yang bisa menjadi penyebab klakson tidak berbunyi. Berikut penjelasannya.

  1. Kabel yang bermasalah

Penyebab yang pertama adalah munculnya kendala kelistrikan pada kabel klakson yang membuat klakson jadi tidak berbunyi. Untuk memastikan masalah ini, kabel klakson bisa dihubungkan dengan alat bernama test lamp. Jika test lamp tidak menyala berarti ada yang menghambat aliran listrik ke klakson.

Kalau terjadi korsleting pada kabel maka klakson tidak akan mau mengeluarkan suara. Begitu juga saat kabel klakson berjamur dan berkarat. Masalah pada kabel ini akan menghambat aliran listrik dan menyebabkan klakson tidak bunyi.

  1. Relay klakson kotor

Hal berikutnya yang bikin klakson tidak bersuara adalah relay klakson yang sudah kotor atau aus. Fungsi relay sendiri untuk menghubungkan baterai atau aki dengan arus listrik pada mobil.

Relay yang kondisinya kotor dan usang, membuat komponen tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya, klakson tidak bisa mengeluarkan suara seperti biasa.

  1. Kerusakan pada switch klakson

Klakson juga bisa enggan bersuara lantaran ada kerusakan di bagian switch-nya. Switch adalah bagian penting pada klakson yang berfungsi sebagai tombol. Jika Anda menekan switch, maka seharusnya klakson mengeluarkan bunyi.

Ketika terjadi kerusakan pada bagian ini maka secara otomatis klakson tidak akan bersuara. Biasanya kerusakan semacam ini, juga akan diiringi dengan tombol switch yang macet dan sulit untuk dipencet.

  1. Saklar karatan

Selanjutnya hal yang bisa membuat klasok tidak berbunyi ialah karat pada bagian sakelar. Fyi, sakelar merupakan salah satu komponen yang mudah kotor dan berkarat. Jika kondisi ini berlanjut semakin parah maka sakelar bisa rusak.

Saat sakelar klakson terganggu dan rusak, maka fungsinya tidak akan berjalan secara optimal. Secara logika, kondisi ini akan memicu matinya klakson. Klakson tidak akan mengeluarkan suara meskipun Anda sudah menekan switch.

  1. Sekring putus

Terakhir, sekring putus juga bisa menjadi alasan klakson engtidak mau berbunyi saat ditekan. Sekring adalah bagian penting dalam instalasi klakson mobil. Fungsinya yaitu mengamankan rangkaian listrik supaya nanti tidak terjadi kelebihan muatan.

Sekring ini memiliki bentuk fisik menyerupai garpu dan posisinya ada di ruang mesin, atau di dalam interior mobil. Bisa dibilang bahwa sekring ini merupakan bagian penting yang akan berpengaruh pada performa sebuah mobil.

Kalau sampai terjadi kerusakan atau gangguan pada satu kabel saja, maka semua sistem kelistrikan bisa terganggu. Termasuk bagian klakson mobil, bisa jadi akan tidak mengeluarkan suara.

Itulah penjelasan mengenai penyebab klakson tidak berbunyi. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait