Operasi Jaran Singgalang 2024, Stareskrim Polres Pasbar Ringkus Pelaku Curanmor di Mandailing Natal

Tim opsnal Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat, saat membawa pelaku ke Mapolres setempat usai penangkapan, Kamis (6/6/2024). (Foto: Polres Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Operasi Jaran Singgalang 2024, tim opsnal Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasaman Barat berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Bacaan Lainnya

Pelaku diketahui berinisial UJ (45), merupakan Target Operasi (TO) Satreskrim Polres Pasaman Barat, yang berhasil ditangkap di Desa Batahan Kelurahan Sari Kenanga, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (6/6/2024) sekitar pukul 09.30 WIB.

“Pelaku berhasil diringkus tim opsnal Satreskrim Polres Pasaman Barat berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/B/41/II/2024-SPKT RES PASBAR, tanggal 21 Februari 2024,” ujar Kasat Reskrim AKP Fahrel Haris mewakili Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto kepada awak media, Jumat (7/6/2024).

Diterangkan, kejadian pencurian terjadi pada Rabu (21/2/2024) sekitar pukul 07.30 WIB, saat itu korban bernama Saipul Anwar memarkirkan sepeda motor merk Honda Vario dengan Nomor Polisi BA 5806 SC di teras Kantor Prioritas Bundaran Simpang Empat Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, kemudian korban pergi mandi ke dalam kantor tersebut.

“Setelah selesai mandi, ketika hendak pergi keluar, sepeda motor milik korban yang diparkirkan di teras Kantor Prioritas sudah tidak ada di tempat semula, sehingga korban langsung melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polres Pasaman Barat,” terangnya.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas Satreskrim Polres Pasaman Barat langsung melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari para saksi, untuk mengungkap perkara tindak pidana curanmor tersebut.

“Dari hasil penyelidikan pada tahap penyidikan, petugas telah mengantongi identitas dan menurut informasinya pelaku¬† berada di Desa Batahan Kelurahan Sari Kenanga, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya.

Dijelaskan, berdasarkan Surat Perintah Penangkapan Nomor : SP-KAP/46/VI/2024/RESKRIM, tanggal 6 Juni 2024, tim opsnal Satreskrim Polres Pasaman Barat yang dipimpin oleh Ipda Algino Ganaro langsung melakukan pengejaran ke tempat persembunyian pelaku.

Sesampai di lokasi, ketika petugas hendak melakukan penangkapan, pelaku berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan serta mengancam petugas dengan sebilah pisau, sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan ke udara.

“Pelaku sempat berusaha merebut senjata api milik Ipda Algino Ganaro, berkat kesigapan petugas hal itu dapat digagalkan, sehingga petugas langsung melakukan tindakan tegas dan terukur, dan pelaku akhirnya berhasil diringkus,” jelasnya.

Ia menyebut, setelah petugas berhasil meringkus pelaku, masyarakat disekitar lokasi berkumpul ramai pasca penangkapan, diduga lokasi tersebut merupakan keluarga besar dari pelaku.

“Petugas dapat mengendalikan keadaan di sekitar lokasi pascapenangkapan pelaku, sehingga situasi dalam keadaan aman dan kondusif, sedangkan pisau yang sempat digunakan oleh pelaku untuk mengancam petugas sudah tidak ditemukan di lokasi,” sebutnya.

Saat ini pelaku sudah dibawa ke Mapolres Pasaman Barat untuk proses penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 362 Jo Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait