Panitia Pemilih Kecamatan se-Kota Payakumbuh Dilantik, Pj Wako Fasilitasi Pelaksanaan

Payakumbuh
Pj. Wali Kota Payakumbuh hadiri pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh di Payakumbuh, Rabu (4/1/2023). (Foto: Ist.)

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Pj. Wali Kota Payakumbuh hadiri pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh di Payakumbuh, Rabu (4/1/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Dikatakan, salah satu tugas Pj. Wali Kota adalah menfasilitasi pelaksanaan pemilu tahun 2024 dan pilkada di Kota Payakumbuh tahun 2024.

“Saya yakin, kehadiran kita semua di sini pada hari ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk memastikan pemilu tahun 2024 dan Pilkada tahun 2024 mendatang berjalan dengan lancar, jujur dan adil,” kata Pj. Wako Rida Ananda.

Dia juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja KPU Kota Payakumbuh.

“Atas kinerja dan kerja kerasnya, sehingga telah dapat menuntaskan pembentukan PPK untuk Pemilu serentak Tahun 2024 se-Kota Payakumbuh dengan aman dan lancar.

Rida menyebut, tugas utama sebagai PPK ini adalah menyelenggarakan pemilihan umum yang adil, jujur, dan terbuka. Serta harus mampu memastikan bahwa masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan memastikan proses pemilihan berjalan lancar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Jika PPK melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, maka dapat dipastikan proses pesta demokrasi, juga akan terlaksana dengan sukses,” ucapnya.

Dikatakan, Pemilu tahun 2024 dan Pilkada 2024 yang berjalan sukses, aman, lancar, jujur, dan adil merupakan salah satu indikator keberhasilan Pj Wali Kota dalam menjalankan tugas.

Pihaknya berharap, setiap tahapan dalam proses demokrasi bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya.

“Dengan proses demokrasi yang berkualitas, semoga dapat melahirkan pemimpin dan sistem yang juga berkualitas terutama di Kota Payakumbuh yang kita cintai. Pastikan pemilu 2024 adalah proses demokrasi yang berkualitas. Selamat kepada PPK yang baru saja dilantik. Semoga tekrabul harapan kita Bersama. Pemilu serentak yang berjalan lancar, aman, damai, jujur, dan adil,” ujarnya.

Sementara itu, ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal mengatakan, masa kerja PPK pada Pemilu 2024 adalah 15 bulan, dan akan dievaluasi kembali sebelum Pilpres di November mendatang.

“Selamat menjalankan tugas sebagai penyelenggara PEMILU ditingkat Kecamatan, masa kerja PPK selama 15 bulan dan akan dievaluasi untuk PILPRES nanti,” ujarnya.

PPK se-Kota Payakumbuh yang telah dilantik diminta untuk menerapkan azas sebagai penyelenggara yang jujur, adil, dan terbuka serta memahami aturan, termasuk banyak belajar dan membaca aturan tentang PEMILU.

“Rajin belajar dan membaca aturan/regulasi seusia tugas PPK, bangun kerjasama dengan Pemerintah, diskusi dengan Kecamatan, sebab seminggu kedepan akan di SK kan Sekretariat PPK. Mari satukan niat dalam bekerja,” pungkasnya. (026)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait