Pemko Sawahlunto Sosialisasikan Perizinan Berbasis Digital OSS-RBA kepada Pelaku Usaha Pertanian

Sosialisasi OSS-RBA bagi masyarakat pelaku usaha pertanian oleh DPMPTSP Naker) Kota Sawahlunto. (Foto: Pemko Sawahlunto/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Untuk mendapatkan perizinan usaha, masyarakat Sawahlunto bisa melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Dan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku usaha tentang OSS-RBA tersebut, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kota Sawahlunto melaksanakan Sosialisasi Penerapannya, Rabu (30/8/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Kepala DPMPTSP Naker Dwi Darmawati mengatakan, sosialisasi yang dilakukan ini merupakan angkatan ke-10, yang sasarannya pelaku usaha pertanian.

“OSS-RBA merupakan perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. Untuk angkatan sebelumnya, kita telah memberikan sosialisasi OSS-RBA ini kepada sektor usaha lain,” jelasnya.

Disebutkan Dwi Darmawati, setelah sosialisasi ini pihaknya, akan membantu memfasilitasi secara teknis masyarakat pelaku usaha untuk bisa mendapatkan perizinan berusaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Mengurus NIB secara digital yang bisa diakses melalui smartphone. Jika masyarakat masih ragu dan perlu didampingi silahkan datang ke Mall Pelayanan Publik (MPP) di Muarokalaban,” katanya.

Adapun Sosialisasi OSS-RBA angkatan ke-10 itu dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti.

Wawako Zohirin berharap dukungan dan fasilitasi pemerintah untuk perizinan berusaha tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait