PLN UID Sumbar Siagakan Ribuan Petugas untuk Kelancaran Pesta Demokrasi 2024

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat menegaskan komitmen bersama pemerintah menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat menegaskan komitmen bersama pemerintah menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024. General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menegaskan PLN telah melakukan langkah-langkah preventif untuk menjaga keandalan pasokan listrik di seluruh sistem kelistrikan Provinsi Sumatera Barat selama masa siaga Pemilu aman dan andal.

Bacaan Lainnya

PLN UID Sumbar memproyeksikan sistem kelistrikan dalam kondisi aman pada hari H Pemilu (14/02) dengan beban puncak mencapai 620,4 Megawatt (MW) dan Daya Mampu Pasok sebesar 768,8 MW.

“Untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama masa siaga Pemilu, PLN sudah menyiapkan pasokan listrik yang andal di 17.572 titik TPS dan menyiapkan 169 posko siaga, yang tersebar di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat dengan total 1.359 personil. Tidak hanya itu, PLN juga menyiagakan pasukan khusus yaitu tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang terdiri atas 27 orang ditunjang dengan suplai listrik utama dan genset backup di lokasi prioritas,” terang Eric.

Dari sisi peralatan, PLN UID Sumbar juga menyiapkan 21 unit UPS atau “uninteruptible power supply”, sebagai back up listrik atau sebagai listrik cadangan.

“Seluruh tim dan peralatan kami akan siaga penuh untuk memastikan percepatan pemulihan listrik jika terjadi gangguan akibat force majeure. PLN bersiaga menyiapkan keandalan pasokan listrik di lokasi prioritas mulai dari tempat pemungutan suara (TPS), TPS Khusus seperti Lapas dan pasantren, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sumbar, 19 Kantor KPUD, Kantor Banwaslu dan Panwaslu, hingga kantor kecamatan tempat pengumpulan kotak suara,” ungkapnya lagi.

Eric menambahkan persiapan ini tentunya sudah dilakukan jauh-jauh hari dengan berkolaborasi bersama seluruh pihak terkait terutama pemerintah provinsi, pemerintah daerah dan stakholder lainnya sebagai bagian dari dukungan penuh PLM terhadap masyarakat Sumatera Barat yang akan menggelar pesta demokrasi pada 14 Februari 2024.

Eric juga mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan menjaga jarak aman dengan jaringan listrik PLN, agar pasokan listrik selama pemilu kepada masyarakat tidak terganggu, serta tidak membahayakan keselamatan jiwa.

“Kami berharap peran serta dan dukungan masyarakat agar PLN dapat memberikan layanan terbaik sekalipun beberapa hari terakhir ini cuaca di Sumbar sedang dilanda angin kencang. Jika menemukan kondisi di lapangan yang berpotensi bahaya kelistrikan, kami menghimbau agar masyarakat lapor melalui aplikasi plnmobile yang siap diakses kapan saja dan dimana saja melalui PlayStore atau AppStore,” tutupnya. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait