Bakti Sosial Peduli Lingkungan, Polres Pasbar Gelar Penanaman 1.000 Pohon di Pantai Muaro Sasak

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto bersama unsur Forkopimda dan stakeholder terkait lainnya, saat kegiatan penanaman 1.000 pohon di Pantau Muaro Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kamis (27/6/2024). (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Berbagai rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 terus digelar oleh Polres Pasaman Barat, berupa Bakti Sosial Kepedulian Lingkungan Penanaman 1.000 pohon yang dilaksanakan di Pantai Muaro Sasak Jorong Pasa Lamo Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kamis (27/6/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto mengatakan, penanaman 1.000 pohon merupakan bagian dari kegiatan Polres Pasaman Barat dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Penanaman 1.000 pohon bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem lingkungan.

“Sebanyak 1.800 bibit pohon yang ditanam di Pantai Muaro Sasak Jorong Pasa Lamo, terdiri dari masing-masing tanaman yaitu petai sebanyak 300 batang, jengkol 300 batang, gaharu 500 batang, pinang 400 batang, bayur 200 batang dan pinus 100 batang,” ujarnya.

Diterangkan, penanaman bibit pohon ini bertujuan untuk mencegah Abrasi Pantai disekitar Pantai Muaro Sasak Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, sedangkan untuk penanaman disesuaikan dengan jenis pohon yang akan di tanam,” terangnya.

Disebutkan, melalui kegiatan penanaman pohon ini, diharapkan muncul daya tarik para wisatawan baik dari dalam maupun luar Kabupaten Pasaman Barat untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam Pantai Muaro Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pantai dalam Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pasaman dan Forkopimda yang telah hadir dalam pelaksanaan penanaman pohon secara serentak pada hari ini. Ia mengajak kepada masyarakat dan para generasi muda untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan,  khususnya di Kabupaten Pasaman Barat.

“Melalui program dari Kapolri ini, dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan menjaga dan Ekosistem disekitar pinggiran pantai yang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering ramai dikunjungi oleh masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, dan turut dihadiri oleh Bupati Hamsuardi, Dandim 0305/Pasaman, Kajari Pasaman Barat, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, Kadis Pariwisata, Camat Sasak Ranah Pasisie.L, Wali Nagari Ranah Pasisie, Niniak Mamak, tokoh masyarakat Nagari Ranah Pasisie.

Selain itu, juga dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Pasaman Barat, Kapolsek Pasaman AKP Defrizal, Dangki Brimob Batalyon B Pelopor Polda Sumatera Barat, Danramil Simpang Empat, Kapolpos Sasak Aipda Nelfides, Kapolpos Maligi Aiptu Zalman dan Bhabinkamtibmas Sasak Aipda Eko Hendria, personel Babinsa Nagari Sasak, personel Polres Pasaman Barat Polres Pasaman Baratdan Polsek Pasaman serta anggota Saka Bhayangkara Polres Pasaman Barat. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait