Beri Dorongan, Hj. Nevi Zuairina Kunjungi Bazar UMKM BPJE PKS Sumbar

Nevi Zuairina. (Foto: Dok. Pribadi/SumbarFokus.com)

BUKITTINGGI (SumbarFokus)

Dalam sebuah upaya nyata mendukung dan mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sumatera Barat, Hj. Nevi Zuairina, anggota DPR RI, dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), meluangkan waktu untuk mengunjungi bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Jejaring Ekonomi (BPJE) PKS Sumbar di Kota Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

Kota ini, terkenal sebagai pusat ekonomi terbesar kedua setelah Padang di provinsi tersebut, dipilih sebagai lokasi yang strategis untuk pelaksanaan kegiatan bazar ini.

Kehadiran Nevi, yang merupakan anggota DPR RI komisi VI ini, tidak hanya menunjukkan dukungan moral, tetapi juga komitmennya terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan di Sumatera Barat, khususnya upaya peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM.

Dalam sambutannya, Nevi memberikan apresiasi kepada BPJE PKS Sumbar atas inisiatif penyelenggaraan bazar UMKM ini dan menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mendukung pertumbuhan UMKM.

“Kegiatan seperti ini sangat vital untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM dalam memperluas jaringan dan memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas,” ujar Nevi.

Menurutnya, kegiatan ini adalah salah satu bentuk konkret dari upaya kita bersama dalam membangun ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Sumatera Barat.

Bazar terlihat berhasil menarik banyak pengunjung dengan menampilkan ragam produk lokal unggulan, seperti makanan khas, kerajinan tangan, dan produk fesyen yang semuanya diproduksi oleh para pelaku UMKM di Sumatera Barat.

Acara ini tidak hanya bertujuan untuk promosi, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing pelaku UMKM di pasar yang semakin kompetitif.

Di samping itu, berbagai workshop dan pelatihan juga diadakan selama bazar berlangsung, memberikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, khususnya dalam bidang pemasaran digital, pengelolaan keuangan, dan strategi branding.

Kunjungan legislator asal Sumbar II ini juga menjadi kesempatan berharga bagi pelaku UMKM untuk menyampaikan langsung berbagai tantangan dan kendala yang mereka hadapi. Menanggapinya, Nevi berjanji akan membawa masukan dan aspirasi tersebut ke tingkat legislatif dan pemerintah pusat untuk dicarikan solusi yang efektif.

Pemerintah Kota Bukittinggi sendiri menunjukkan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan bazar UMKM, dengan Wali Kota Bukittinggi menegaskan komitmen pemerintah kota untuk terus menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi UMKM, melalui penyediaan akses keuangan yang lebih baik, pelatihan, dan fasilitasi pemasaran produk UMKM.

Antusiasme pengunjung bazar tidak terbendung, dengan banyaknya produk berkualitas yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Ini menegaskan bahwa produk lokal memiliki potensi besar untuk bersaing dengan produk impor.

Penyelenggaraan bazar UMKM BPJE PKS Sumbar di Bukittinggi diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan visi ekonomi kerakyatan yang kuat dan mandiri di Sumatera Barat. Dengan inisiatif seperti ini, diharapkan UMKM lokal dapat terus berkembang dan berkontribusi lebih besar lagi terhadap perekonomian daerah dan nasional. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait