Dewan Hakim Musabaqah Hifzil Quran Sawahlunto Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi

Pelatihan dan sertifikasi dewan hakim musabaqah cabang Hifzil Quran tingkat Kota Sawahlunto, dia Aula Kan Kemenag setempat, Selasa (27/6/2023). (Foto: RIKI YUHERMAN/sumbarfokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Pelatihan atau sertifikasi dewan hakim musabaqah cabang Hifzil Quran tingkat Kota Sawahlunto dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota yang juga Ketum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran ( LPTQ) Sawahlunto, Zohirin Sayuti, di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, Selasa (27/6/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Selain membuka, Wawako Zohirin juga didapuk sebagai pemateri kegiatan. Dalam kesempatan itu dia berpesan agar guru-guru tahfiz dan juga dewan hakim, untuk senantiasa mewariskan nilai nilai kebaikan dengan terus mengembangkan rumah-rumah tahfiz.

Dia menyebut, peningkatan nilai-nilai keagamaan dan budaya menjadi misi pertama dari Pemerintahan Kota Sawahlunto.

“Saya sangat mengapresiasi pelatihan dan sertifikasi dalam upaya meningkatkan kompetensi dewan hakim yang ada,” sebutnya.

Mewakili KaKanKemenag Sawahlunto Kasubag TU Zainul Arizal, menyebut, sertifikasi penting sebagai legalitas atau standar dan menjadikan dewan hakim yang profesional.

“Dengan sertifikasi ini, juga bisa meningkatkan standar dalam mengajar anak-anak. Tidak sekedar mengaji saja tapi lebih baik dan menguasai lagi,” katanya.

Sertifikasi ini, sebutnya, pertama dilakukan di Sawahlunto, dengan harapan dewan hakim asal Sawahlunto mampu bersaing dengan dewan hakim daerah lainnya serta mampu berkiprah di provinsi.

Ketua Pantia pelaksana Mawardi menyebut, sertifikasi dewan hakim cabang hifzil bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dewan hakim yang ada.

“Juga untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas, memlersiapkan tenaga dewan hakim siap pakai untuk MTQ tuingkat kota dan Provinsi,” ujarnya.

Adapun peserta 20 orang guru-guru hafiz dan calon calon hakim dengan Pemateri ketum LPTQ dan Kasi Binmas Kemenag Sawahlunto.(025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait