Hari Pertama Layanan KB Sejuta Akseptor di Agam, Capaian Target Lebih 50 Persen

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mulai melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di daerah itu. Pelayanan KB yang akan berlangsung tiga hari itu, digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30. (Foto: Pemkab Agam/sumbarfokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mulai melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di daerah itu. Pelayanan KB yang akan berlangsung tiga hari itu, digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30.

Bacaan Lainnya

Kepala Dalduk KB PP dan PA Agam Surya Wendri, Rabu (14/6/2023) mengatakan, pelayanan KB sejuta akseptor dimulai hari ini hingga tiga hari ke depan, dengan pelaksanaan serentak di seluruh kecamatan.

“Ada 6 jenis KB yang kita layani dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ke-6 jenis KB itu seperti, IUD, implan, suntik, kondom, pil dan MOW. Sesuai data hari ini katanya, telah dilayani sebanyak 913 akseptor atau lebih 50 persen, dari target 1.576 akseptor yang ditetapkan

Dijelaskan, KB jenis IUD sebanyak 102 akseptor, implan 323 akseptor dan suntik 218 akseptor. Kemudian kondom 106 akseptor, pil 160 akseptor dan MOW 4 akseptor.

“Baru satu hari layanan dilakukan, capaian sudah lebih 50 persen. Semoga capaiannya bisa melebihi target ditetapkan,” katanya.

Bupati Agam diwakili Asisten I Setdakab Agam Rahman melakukan peninjauan pelayanan KB serentak ini di Tower PT AMP, Jorong Anak Aia Kasiang, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari.

Jika melihat capaian hari pertama pelayanan KB serentak ini, diyakininya target yang ditetapkan bisa tercapai.

“KB ini bukan hanya untuk mengatur jarak kelahiran, tapi juga upaya dalam mencegah terjadinya stunting,” katanya.

Diharapkan, kegiatan ini berjalan sesuai diharapkan. Bukan saja untuk program nasional, tapi lebih kepada layanan terhadap masyarakat dalam mendapatkan pelayanan KB. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait