IKN Segera Beroperasi, Ini Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia!

IKN Segera Beroperasi, Ini Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia! (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah proyek besar yang sedang dijalankan oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Bacaan Lainnya

IKN akan segera beroperasi pada 1 Agustus 2024. Berikut beberapa fakta unik tentang IKN.

  1. Lokasi Strategis

IKN terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara. Lokasi ini dipilih karena dianggap lebih aman dari bencana alam seperti gempa bumi dan banjir.

  1. Tujuan Lingkungan

Salah satu tujuan utama pemindahan ibu kota ini adalah untuk mengurangi beban Jakarta, yang mengalami kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas, dan polusi udara. Selain itu, IKN dirancang untuk menjadi kota hijau dengan konsep berkelanjutan.

  1. Desain Futuristik

IKN akan dibangun dengan konsep smart city dan green city. Ini berarti kota ini akan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk manajemen kota, infrastruktur yang ramah lingkungan, serta area hijau yang luas.

  1. Pusat Pemerintahan dan Ekonomi Baru

IKN direncanakan menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi baru Indonesia. Gedung-gedung pemerintahan, termasuk Istana Presiden, akan dipindahkan ke sini, serta dibangun fasilitas-fasilitas untuk mendukung kegiatan ekonomi.

  1. Komitmen Pembangunan

Pembangunan IKN diharapkan menjadi proyek jangka panjang yang melibatkan investasi besar dari dalam dan luar negeri. Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menjadikan IKN sebagai simbol kemajuan bangsa.

  1. Nama “Nusantara”

Nama “Nusantara” dipilih sebagai nama ibu kota baru untuk mencerminkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. Nama ini juga mengingatkan pada istilah historis yang menggambarkan kepulauan Indonesia.

  1. Pemindahan Bertahap

Proses pemindahan ibu kota akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal melibatkan pembangunan infrastruktur dasar dan fasilitas pemerintahan, yang kemudian akan diikuti oleh pembangunan sektor-sektor lain. (015/BBS)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait