Lima Tips Goreng Donat agar Tak Berminyak dan Matang Merata

Tips Menggoreng Donat
Ilustrasi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Sekilas, membuat donat sendiri di rumah terlihat mudah. Pasalnya, bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah banyak dan mudah ditemukan.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, jika ada sedikit saja kesalahan pada proses pembuatannya, hasil donat buatanmu bisa gagal, pokoknya sangat jauh dari ekspektasi. Donat jadi bantat tak mengembang sempurna, berminyak, dan bagian dalamnya masih mentah.

Tentunya Anda tak ingin mengalami hal serupa, bukan? Maka dari itu sebelum membuatnya, mari simak terlebih dahulu lima tips menggoreng donat di bawah ini agar hasilnya matang merata dan tak berminyak.

  1. Gunakan minyak goreng yang masih baru

Jika selama ini Anda kerap menggunakan minyak bekas pakai atau minyak jelantah dengan alasan hemat, mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan tersebut, ya. Terutama saat Anda akan menggoreng donat. Menggunakan minyak jelantah selain tak sehat untuk tubuh, juga bisa mempengaruhi aroma donat.

Hal tersebut bisa terjadi karena donat sangat mudah menyerap aroma dari minyak goreng yang digunakan. Jadi, bisa Anda bayangkan akibatnya jika menggunakan minyak jelantah, aroma donat pasti akan cenderung aneh.

Oh ya, minyak jelantah juga bisa mempengaruhi tingkat kematangan donat, lho. Maka dari itu, pastikan minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng donat harus yang benar-benar masih baru.

  1. Gunakan minyak yang banyak

Setelah yakin bahwa minyak yang akan Anda gunakan untuk menggoreng donat masih baru, selanjutnya tuang minyak tersebut ke penggorengan. Jangan terlalu irit. Tuang saja yang banyak. Pokoknya sampai donat tenggelam sempurna di dalam minyak saat nanti digoreng.

Jika Anda menggoreng donat dengan cara ini, dijamin donat buatanmu akan matang merata hingga ke bagian dalamnya, deh.

  1. Jangan menggoreng dengan minyak yang terlalu panas

Saat minyak goreng sudah Anda tuang ke dalam penggorengan, sekarang nyalakan kompor. Masukkan donat saat minyak sudah panas. Setelah itu, kecilkan api hingga sedang. Pastikan Anda tidak menggoreng donat menggunakan minyak yang terlalu panas. Sebab, tidak baik untuk tingkat kematangan donat itu sendiri.

Nantinya donat buatanmu hanya akan matang di bagian permukaannya saja. Bahkan yang lebih parah bisa sampai gosong. Pokoknya Anda harus bisa mengontrol nyala api agar minyak goreng tak terlalu panas, ya.

  1. Jangan terlalu banyak memasukkan donat

Pada proses penggorengan, usahakan untuk tidak memasukkan terlalu banyak donat dalam sekali menggoreng, ya. Sebaiknya, masukkan donat sebanyak dua buah saja dalam sekali goreng. Karena semakin banyak jumlah donat yang digoreng, maka akan semakin tidak stabil pula suhu minyaknya.

Alhasil, donat buatanmu tak bisa matang merata dan tak bisa mengembang sempurna.

  1. Cukup sekali membalik donat

Jika Anda berpikir dengan membolak-balikkan donat terlalu sering saat menggorengnya akan membuat donat matang merata, maka Anda salah. Tindakanmu tersebut justru bisa membuat donat tak bisa mengembang sempurna. Tingkat kematangannya juga tak bisa merata karena hanya di permukaannya saja.

Jadi, hilangkan kebiasaan tersebut saat menggoreng donat, ya. Cukup sekali saja Anda membalikkan donat pada proses penggorengan. Terlebih dahulu goreng permukaan atas. Lalu setelah warnanya sudah berubah menjadi cokelat keemasan, silakan Anda balik ke sisi di bagian bawahnya.

Itulah penjelasan mengenai tips menggoreng donat. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait