Masa Tenang Pemilu di Pasbar, Polres Gelar Patroli Gabungan Operasi Mantap Brata 2024

Personel gabungan, saat melakukan patroli Operasi Mantap Brata 2024 disejumlah titik di wilayah Pasaman Barat, Minggu (11/2/2024) dini hari. (Foto: Polres Pasaman Barat/SumbarFokus)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada 14 Februari 2024, Polres Pasaman Barat menggelar patroli gabungan tahap masa tenang Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024.

Bacaan Lainnya

Patroli gabungan dipimpin langsung Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, dengan melibatkan 50 personel gabungan dari Polres Pasaman Barat, Kompi 3 Batalyon B Sat Brimobda Sumbar, Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Pasaman Barat, Minggu dini hari (11/2/2024) pukul 01.00 WIB.

“Patroli gabungan ini sebagai bentuk kehadiran Negara di tengah masyarakat, dalam rangka menjaga kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum Polres Pasaman Barat pada tahap masa tenang Operasi Mantab Brata 2023-2024,” ujar Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto.

Dikatakan, memasuki masa tenang pasca tahapan kampanye dan menjelang pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang tersebar di wilayah Pasaman Barat, petugas gabungan melaksanakan kegiatan patroli guna memastikan tidak adanya gangguan Kamtibmas yang bermungkinan terjadi menjelang dan pada saat pelaksanaan pencoblosan nantinya.

“Petugas gabungan akan terus melaksanakan pemantauan dan patroli secara rutin disejumlah titik rawan dengan menggunakan kendaran roda dua dan roda empat, seperti pusat keramaian atau kegiatan masyarakat dan areal objek vital sebagai antisipasi gangguan kamtibmas pada saat pelaksanaan pencoblosan Pemilu tahun 2024 yang tinggal menghitung hari,” katanya.

Dijelaskan, sasaran patroli gabungan dilaksanakan dengan rute Jorong Padang Tujuh, Jorong Kajai, Pinaga, Lembah Binuang, Bandarejo, Gudang KPU di Katimaha, Kantor Bawaslu Pasaman Barat dan kembali ke Polres Pasaman Barat.

Sedangkan untuk rute yang kedua meliputi, Jorong Simpang Empat, Jambak, Simpang Tiga, Sariak, Kapa, Labuah Luruih, Bundaran Simpang Empat dan kembali ke Mako Polres Pasaman Barat.

“Selama pelaksanaan patroli gabungan disejumlah titik, tidak ada kejadian yang menonjol dan gangguan kamtibmas lainnya, kondisi seperti ini harus kita pertahankan agar Pemilu yang aman damai dan kondusif dapat kita wujudkan,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dilingkungan masing-masing, hindari segala bentuk perbuatan atau kegiatan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

“Walaupun berbeda pilihan, tetap jalin silaturahmi dalam kebersamaan, jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan segala informasi atau isu-isu yang tidak jelas sumbernya (hoax),” imbaunya (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait