Teks Laporan Percobaan: Pengertian dan Contoh Strukturnya

Penjelasan teks laporan percobaan
Tujuan dari pembuatan laporan percobaan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai seluruh proses percobaan yang dilakukan, termasuk hasilnya. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, teks laporan percobaan adalah laporan hasil dari suatu percobaan yang sudah dilakukan, Anda. Percobaan sendiri umumnya dilakukan dengan tujuan untuk memahami sesuatu lewat pengamatan (observasi) atau eksperimen.

Eksperimen sendiri dilakukan untuk membantu peneliti dalam mengenali adanya hubungan sebab-akibat pada suatu gejala. Kalau Anda melakukan eksperimen atau percobaan seperti di dalam laboratorium atau kelas, biasanya guru akan memintamu membuat laporan dalam bentuk teks. Nah, inilah yang dimaksud sebagai teks laporan percobaan.

Yang membedakan antara teks laporan percobaan dan teks laporan observasi hanya proses eksperimennya. Kalau Anda melakukan percobaan dan bukannya observasi, teks laporan percobaan lah yang Anda buat.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan teks laporan observasi berikut ini.

Pengertian dan Tujuan Teks Laporan Percobaan

Pembuatan teks laporan percobaan ini dilakukan oleh siapa saja yang terlibat dalam percobaan. Jadi, Anda tidak hanya bisa melihat teks laporan percobaan untuk laporan percobaan di kelas atau laporan praktikum. Di dalam lab-lab besar di luar sana, para ilmuwan yang terlibat dalam eksperimen juga harus membuat teks laporan ini, Anda.

Tujuan dari pembuatan laporan percobaan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai seluruh proses percobaan yang dilakukan, termasuk hasilnya. Jadi, isi dari teks laporan percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis.

Karakteristik Teks Laporan Percobaan

Di dalam sebuah teks laporan hasil percobaan, ada beberapa karakteristik atau ciri yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

  1. Berisi laporan hasil percobaan yang sudah dilakukan.
  2. Percobaan yang dilakukan adalah proses ilmiah untuk menguji teori atau hipotesis.
  3. Isi dari teks laporan percobaan selalu diawali dengan penjelasan tujuan percobaan.
  4. Berisi penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga penjelasan hasil percobaan.
  5. Diakhiri dengan kesimpulan dari proses percobaan dengan mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Apakah Anda masih cukup kebingungan dengan apa isi dari teks laporan percobaan yang perlu Anda buat? Untung mengurangi rasa bingungmu, simak struktur umum dalam teks laporan percobaan berikut ini sebagai panduanmu, yuk!

 

  1. Penjelasan tujuan percobaan

Pada bagian ini, Anda jelaskan apa tujuan dari percobaan yang Anda lakukan. Di samping itu, jelaskan pula mengapa percobaan dilakukan, teori atau materi apa yang akan Anda buktikan, dan penjelasan lain tentang latar belakang proses percobaan tersebut.

  1. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan

Sebutkan apa saja alat dan bahan yang Anda gunakan ketika melakukan percobaan.

  1. Langkah percobaan

Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang Anda lakukan.

  1. Hasil percobaan

Dalam bagian ini, Anda jelaskan apa hasil yang Anda peroleh dari proses percobaan yang sudah Anda lakukan. Uraikan hasil percobaan secara mendetail, ya!

  1. Kesimpulan

Pada bagian ini, Anda membuat kesimpulan dari seluruh proses percobaan yang Anda lakukan hingga ke hasil yang Anda peroleh. Anda juga bisa buat kesimpulan apakah percobaan yang Anda lakukan membuktikan teori atau materi yang Anda jelaskan pada bagian awal untuk menegaskan kesimpulan dari proses dan hasil percobaan tersebut.

Ketika Anda membuat teks laporan percobaan, Anda tidak harus selalu menulis semua informasi dari percobaan dalam bentuk tulisan ya, Anda. Apabila dibutuhkan, Anda juga bisa menyajikan informasi-informasi tertentu dalam format tabel, bagan, grafik, atau gambar. Tujuannya adalah untuk mempermudah penyampaian informasi dari percobaan yang Anda lakukan dan laporkan.

Itulah penjelasan teks laporan percobaan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait