Pengertian Teks Pidato Persuasif, Struktur, dan Langkah Menyusunnya

Penjelasan teks pidato persuasif
Pidato persuasif adalah pidato dengan tujuan mempengaruhi emosi pendengar agar berbuat sesuatu. Teks pidato persuasif memiliki tujuan untuk mengajak pembaca melakukan hal yang disampaikan penulis atau pembicara yang menyampaikan pidato tersebut. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Teks pidato persuasif merupakan jenis pidato yang penyampaiannya bertujuan untuk memengaruhi pendengar. Lantas, seperti apa struktur teks pidato persuasif? Berikut juga disertakan contoh dan penjelasannya.

Tentu detikers juga sudah sering menjumpai berbagai macam pidato di lingkungan sosial kemasyarakatan. Di sekolah, biasanya pidato akan disampaikan setiap upacara bendera oleh kepala sekolah atau guru.

Dalam Andas Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Nah, pidato ini terbagi menjadi beberapa jenis, salah satu yang cukup sering dijumpai adalah pidato persuasif.

Lantas, apa itu pidato persuasif? Nah, berikut ini penjelasan teks pidato persuasif, pengertian, struktur teks pidato persuasif, contoh, serta tips menyusunnya.

Apa Itu Teks Pidato Persuasif?

Mengutip dari Modul Pembelajaran SMP Terbuka: Bahasa Indonesia Kelas IX, Modul 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pidato persuasif adalah pidato dengan tujuan mempengaruhi emosi pendengar agar berbuat sesuatu. Teks pidato persuasif memiliki tujuan untuk mengajak pembaca melakukan hal yang disampaikan penulis atau pembicara yang menyampaikan pidato tersebut.

Isi dari pidato persuasif berdasar pada argumentasi yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Pendekatan persuasif ada tiga, yakni etika, emosi, dan logika.

Hal itu dilakukan dengan menyampaikan apa yang baik atau buruk (etika), luapan perasaan (emosi), dan bukti yang masuk akal (logika), orang yang berpidato (orator) dapat membujuk atau meyakinkan pendengarnya. Kalimat atau ungkapan berdasarkan etika, emosi, dan logika bahkan dapat menggerakkan para pendengar pidato untuk langsung bertindak.

Teks pidato persuasif bertujuan agar pendengar dapat dipengaruhi melalui ajakan yang positif. Berbagai cara persuasif dapat dilakukan oleh orang yang berpidato.

Teks pidato persuasif menggunakan kalimat yang mengajak atau membujuk. Tujuannya agar pembaca teks atau pendengar pidato mengikuti maksud orator (orang yang berpidato).

Struktur Teks Pidato Persuasif

Dari Buku Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Tsanawiyah, Unit Pembelajaran 12: Teks Pidato Persuasif, disebutkan bahwa secara struktur kebahasaan, pidato persuasif terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan berisi salam pembuka dan pengantar alasan penyampaian pidato. Pembukaan disampaikan semenarik mungkin agar pendengar merasa memerlukan informasi yang akan disampaikan.

  1. Isi

Bagian isi berupa ide pokok pidato yang dikemukakan untuk meyakinkan pendengar. Kalimat yang digunakan biasanya berupa argumen. Argumen ini akan menjadi sangat baik jika disertai dengan data dan fakta.

  1. Penutup

Bagian terakhir, adalah penutup. Biasanya penutup ini menjabarkan tentang salam hormat, serta pengharapan kepada pendengar agar mau mengikuti yang disampaikan orang yang berpidato.

Tips dan Trik Membuat Teks Pidato Persuasif yang Berhasil

Melansir buku berjudul Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan, berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menulis teks pidato persuasif, antara lain:

  • Sebelum memulai menulis, ada baiknya detikers mempersiapkan topik yang ingin disampaikan dalam pidato. Hal ini sangat penting karena keberhasilan Anda mengajak atau membujuk orang-orang dimulai dari pemahamanmu terhadap topik yang ingin disampaikan.
  • Jika Anda memilih topik yang kontroversial, sebaiknya Anda mempersiapkan argumen dari semua sisi atau sudut pandang terhadap topik tersebut.
  • Setelah menentukan topik, banyaklah membaca buku, surat kabar, atau artikel yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih. Usahakan Anda jangan hanya menggunakan satu sumber. Pastikan membaca ragam sudut pandang, bukan hanya satu sudut pandang.
  • Selanjutnya, pahamilah tujuan yang ingin dicapai dengan pidatomu.
  • Yang terakhir, pahamilah pendengar atau audiens yang mendengar pidatomu. Hal ini berkaitan dalam hal pandangan dan latar pengetahuan mereka. Jika Anda memahami audiensi, keberhasilan pidatomu membujuk atau mengajak mereka sangatlah besar.
  • Hal yang perlu Anda perhatikan dalam merebut perhatian audiensi dengan memberikan pernyataan yang dramatis. Selain itu, perlihatkan atau tunjukkan rasa empati kepada audiensi.

Itulah penjelasan teks pidato persuasif. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait